Biru Baru Ceritakan Fase Siklus Manusia di Album 'Rasa & Manusia'

Febrian AdiFebrian Adi - Minggu, 13 November 2022
Biru Baru Ceritakan Fase Siklus Manusia di Album 'Rasa & Manusia'
Biru Baru rilis album terbaru. (Foto/dok JUNI Records)

GRUP Biru Baru kembali dengan materi album terbaru bertajuk Rasa & Manusia. Album ini merupakan kelanjutan dari perjalanan karier bermusik duo beranggotakan Goldan dan Tata yang dilepas pada 2020 silam berjudul Selamat Datang.

Pada album terbarunya, lagu berjudul Hati Manusia, Hati Yang Terluka menjadi fokus trek dalam album ini. Menurut Biru Baru lagu ini menjadi penanda bahwa album yang digarap oleh mereka telah sempurna untuk dirilis sebagai album penuh.

“Fakta yang tidak pernah terungkap bahwa lagu Hati Manusia, Hati Yang Terluka ini sudah pernah gue garap satu tahun sebelumnya tanpa sepengetahuan Tata” ungkap Goldan dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih, Sabtu (12/11).

Baca juga:

Cerita Kesabaran Biru Baru di Single 'Semua Telah Terjadi'

Selain itu, Bagi Tata sendiri lagu Hati Manusia, Hati Yang Terluka, menjadi trek paling emosional yang pernah dibuatnya. Bagaimana lagu tersebut dipersembahkan untuk orangtua perempuan yang berjuang untuk dirinya dan keluarga. Melodi dan aransemen lagu dibuat selembut mungkin layaknya kasih seorang ibu.

“Lagu Puan ini nggak pernah gue kasih tau ke mamah kalau ini adalah lagu untuk dia.Harapannya gue suatu saat mamah gue bisa mendengarkan lagu ini, dan gue ingin menyampaikannya secara langsung,” cerita Tata.

Album Rasa & Manusia merupakan kumpulan cerita lengkap seputar siklus kehidupan manusia yang terbagi dalam 4 bab dengan total 11 lagu. Mulai dari lahirnya kehidupan itu sendiri hingga perkembangan emosi manusia yang akan menuju pada tahap akhir kedamaian dan penerimaan.

Baca juga:

Biru Baru Ajak Pendengar Cari Sosok 'Terang'

Fakta terbaik dalam penggarapan album ini, seluruh karya lagu dibuat, ditulis, dan diproduksi oleh Tata dan Goldan. Karya ini disajikan dengan alur dan cerita perjalanan Biru Baru dalam industri musik yang sebenar-benarnya mereka rasakan.

Perjalanan kehidupan yang disebut Biru Baru dan terdapat di album dibagi menjadi 4 fase: Birth & Creation (Pembuka, Lahir), Ego & Emotions (Tuan, Puan, Terang), Hardships & Conflicts (Belakangan Hidup Ini Lucu, Aku Butuh Apa Lagi, Semua Telah Terjadi), dan Acceptance (Memudar, Terbenam, Hati Manusia, Hati YangTerluka).

“Gue juga berharap besar untuk pendengar, bisa menikmati keseluruhan lagu yang ada tanpa di skip satu pun, dikarenakan gue ingin mewakili pendengar dalam menafsirkan fase hidup mereka sedang berada di fase atau lagu yang mana” tutup Goldan. (far)

Baca juga:

Baru Biru Perkenalkan Diri dengan Single ‘Terbenam’

#Musik #Musik Indonesia #Musisi Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan