Bir Dapat Membantu Perkembangan Otak? Ilustrasi (Foto: pixabay/amiera06)

KABAR bahagia bagi para pencinta bir. Belum lama ini, para peneliti di Hong Kong menemukan bukti bahwa bir sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Menurut laporan yang diterbitkan pada The American Journal of the Medical Sciences, bir mengandung lebih banyak protein serta vitamin B ketimbang anggur. Bahkan Bir juga tinggi antioksidan dan dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

"Bir mengandung sejumlah kecil mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, kalium, natrium, tembaga, zing, mangan, selenium, silicon dan flouride," ucap Sisi Yip, seorang ahli gizi.

(Foto: pixabay/rawpixel)

Selain itu, seperti yang dilansir dari The Healthsite, Sisi menambahkan, bir mengandung berbagai polifenol seperti flavonoid dan asam fenolik, yang mana berkontribusi langsung terhadap beberapa karakteristik bir seperti halnya, rasa, kabut tubuh dan kekenyangan.

Terkait hal itu, menurut Sisi Yip, penelitian telah menunjukan polifenol merupakan sebuah bahan kimia alami yang dapat ditemukan pada tumbuhan. Polifenol juga dapat menurunkan risiko mengembangkan atherosclerosis, diabetes tipe 2 serta penyakit jantung lantaran efek antiradang di dalam bibir jika dibandingkan dengan minuman beralkohol tinggi lainnya.

Lalu menurut berbagai penelitian, bahan utama xanthumol yang biasa digunakan untuk membuat bir juga dapat mengurangi kemungkinan resistensi insulin, dimana merupakan menjadi kabar baik untuk para penderita diabetes.

(Foto: pixabay/pexels)

Namun, mengonsumsi alkohol berlebihan juga dapat membuatmu mabuk serta menimbulkan efek negatif lainnya seperti penyakit hati, tekanan darah tinggi dan tinggi kalori. Untuk itu, Sisi Yip menyarankan lebih baik kamu menghindari sesuatu yang berhubungan dengan alkohol.

"Pria dan juga wanita disarankan untuk tak minum lebih dari 14 gelas dalam seminggu, idealnya, batas kesehatan hingga satu pint untuk pria dan setengah pint untuk wanita per harinya," kata Sisi Yip.

Sementara itu menurut sebuah penelitian 2010, kandungan silikon pada bir berguna untuk membantu mendorong pertumbuhan tulang serta jaringan. Bermanfaat juga untuk mencegah penyakit yang merusak tulang seperti halnya osteoporosis. Well, minum bir bisa sangat baik untuk kesehatan kamu secara keseluruhan. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Astaga, Seorang Bocah Nyaris Tewas Akibat Makan Jajanan Ini

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH