Kecantikan

Biotin untuk Memperkuat Kulit, Rambut dan Kuku

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 29 September 2022
Biotin untuk Memperkuat Kulit, Rambut dan Kuku
Rambut memerlukan biotin untuk kesehatannya. (Pixabay/sweetlouise)

ANGGAPAN kalau rambut merupakan mahkota kepala, benar adanya. Oleh karena itu, banyak orang yang melakukan perawatan rambut ke salon agar tetap memiliki rambut yang sehat dan berkilau. Namun, selain perawatan salon, tentunya kamu harus tetap mengonsumsi suplemen loh.

Dikutip dari Vegamour, suplemen makanan bisa membantu meningkatkan kesehatan pada tubuh. Khususnya suplemen biotin yang bisa digunakan untuk memperkuat kulit, rambut, dan kuku. Namun, apa ya yang terjadi apabila kekurangan biotin? Yuk kita simak.

Baca Juga:

Adakah Hubungan antara Gangguan Makan dan Rambut Rontok?

rambut
Suplemen bisa membantu kesehatan pada tubuh. (Pexels/Pixabay)

Biotin atau B7 merupakan nutrisi penting yang larut dalam air yang membantu metabolisme lemak, karbohidrat, dan protein makanan dalam konsumsi makanan sehari-hari. Fungsi biotin yang mengandung protein sangat penting untuk memperbaiki tubuh dan juga menjaga kesehatan sel, namun tubuh tidak dapat memproduksinya secara alami. Biotin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yaitu sekelompok nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, saraf, metabolisme, dan juga fungsi kardiovaskular.

Kekurangan biotin berakibat gangguan nutrisi yang bisa menjadi serius apabila dibiarkan saja tanpa adanya penanganan. Ketika tubuh kamu tidak bisa mendapatkan biotin dengan cukup, kamu bisa menderita kekurangan biotin. Untuk mencegah kekurangan biotin, ada beberapa makanan yang bisa membantu kamu, yaitu:

1. Kacang almond

2. Biji bunga Matahari

3. Alpukat

4. Brokoli

5. Pisang

6. Jamur

Baca Juga:

Uban Prematur bukan Pertanda Uzur

rambut
Almond bisa membantu mencegah kekurangan biotin. (Pexels/Irina Iriser)


Adapun penyebab dari kekurangan biotin, seperti:

Obat-obatan


Antibiotik dapat membantu kamu sembuh setelah mengalami infeksi bakteri, namun antibiotik juga bisa membuat kamu mengalami gangguan fungsi sistem kekebalan tubuh. Mereka dapat menghancurkan bakteri sehat di usus dna menghambat transportasi biotin yang menyebabkan penyakit radang usus dan kekurangan biotin marginal.


Merokok


Menurut penelitian yang ada, merokok bisa mengganggu metabolisme biotin dan dapat menyebabkan kekurangan biotin. Oleh karena itu, ada baiknya untuk cepat berhenti merokok. Hal tersebut dikarenakan apabila kamu berhenti merokok, perawatan dan suplemen biotin bisa membantu tubuh kembali ke jalurnya.


Diet berkepanjangan


Diet dalam jangka panjang bisa mengakibatkan tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Untuk menghindari kekurangan biotin, pertahankan diet seimbang yang kaya akan mineral dan vitamin. (yos)

Baca Juga:

Cara Menggunakan Pita Rambut ala Idol Korea

#Kecantikan #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan