Bioskop Kembali Buka, Warga DKI Wajib Patuhi Protokol Kesehatan Suasana bioskop CGV yang tutup di Grand Indonesia, Jakarta, Senin (23/3/2020). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc.

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta akhirnya mengizinkan bioskop kembali beroperasi pada masa perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Yakni pada tanggal 6-16 Juli

Izin operasional bioskop tersebut diatur dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Nomor 140 Tahun 2020 yang diteken Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia pada Senin (6/7)

Baca Juga

PSI Minta Pemprov DKI Subsidi Siswa yang Terpaksa Masuk Swasta

Dalam SK tersebut, sektor hiburan dan rekreasi yang terdiri dari pemutaran film (bioskop), produksi film, dan penyelenggaraan pertunjukan atau nobar di ruang terbuka boleh beroperasi pada 6-16 Juli 2020. Pemprov DKI juga mengizinkan pelaksanaan pertemuan atau kegiatan secara outdoor dan indoor pada periode tersebut.

Cineworld akan membuka 787 bioskop di AS dan Inggris. (Foto: Unsplash/Karen Zhao)
Cineworld akan membuka 787 bioskop di AS dan Inggris. (Foto: Unsplash/Karen Zhao)

Cucu mengimbau pengelola gedung bioskop menerapkan protokol pencegahan COVID-19, yakni mewajibkan karyawan dan pengunjung untuk menggunakan masker, menjaga jarak aman, membatasi jumlah pengunjung, dan menyediakan fasilitas cuci tangan di area bioskop.

"Jarak antar kursi penonton diatur berselang-seling satu kursi, yakni kursi yang terisi akan diselingi dengan satu kursi kosong," ujar Cucu di Jakarta, Selasa (7/7).

Sementara itu, Cucu juga mengimbau pengunjung membeli tiket secara online. "Disarankan pembelian (tiket) secara online atau pembayaran dilakukan secara non-tunai atau cashless," ungkap Cucu.

Lalu, gelanggang olahraga kecuali gelanggang renang atau kolam renang juga kembali diizinkan buka. Sektor tersebut dibuka pada 12 Juli-16 Juli 2020.

Cucu mengatakan, pihaknya meminta kepada pelaku usaha yang sudah diizinkan kembali buka itu untuk mematuhi aturan yang sudah ditentukan.

Baca Juga

Pengamat: Kenapa harus Marah-marah, Kalau Akhirnya tidak Ada Reshuffle

"Ada ketentuan umum, kapasitas 50 persen," katanya.

Setiap pengunjung yang akan masuk juga wajib dicek suhu tubuh. Selain itu, protokol kesehatan juga harus dipatuhi yakni menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer hingga menjaga jarak. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH