Orbituarium

Bintang 'Friends' James Michael Tyler Meninggal

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 25 Oktober 2021
Bintang 'Friends' James Michael Tyler Meninggal
Sudah membintangi Friends selama 10 tahun. (Foto: Instagram/friends)

KABAR duka datang dari bintang serial Friends. James Michael Tyler yang memerankan karakter Gunther meninggal dunia di usia 59 tahun, Senin (25/10). Ia meninggal setelah berjuang melawan kanker prostat stadium empat yang dideritanya.

"Warner Bros Television berduka atas meninggalnya James Michael Tyler, aktor tercinta dan bagian dari keluarga Friends. Belasungkawa kami bersama keluarga, teman, kolega, dan penggemarnya," ujar pernyataan di akun resmi Friends di Instagram.

Tyler sudah bermain di serial NBC itu selama 10 tahun untuk 150 episode bersama Jennifer Aniston, Courteney Cox, Lisa Kudrow, Matt LeBlanc, David Schwimmer, dan Matthew Perry. Tyler yang berperan sebagai Gunther di kedai kopi menjelaskan tentang kanker yang dialaminya pada pertengahan Juni, sekitar tiga tahun setelah perawatannya yang dimulai pada 2018.

"Saya telah berurusan dengan diagnosis itu selama hampir tiga tahun terakhir. Sekarang sudah stadium empat, kanker stadium akhir. Jadi pada akhirnya, kamu tahu, itu mungkin akan menyerang saya," kata Tyler dikutip People. Pada saat itu, ia sedang menjalani kemoterapi.

Baca juga:

'Friends: The Reunion' akan Tayang di HBO Max, ini Detailnya

Bintang 'Friends' James Michael Tyler Tutup Usia
Kondisi Tyler yang mengidap kanker prostat. (Foto: People)

Kanker prostat Tyler terdeteksi pada September 2019 selama pemeriksaan fisik rutin melalui tes antigen spesifik prostat (prostate-spesific antigen/PSA). Ia awalnya dirawat dengan terapi hormon yang menurutnya memberikan efek positif untuk tahun pertama perawatan.

Tyler mengatakan ia menjalani terapi hormon selama sekitar satu tahun. Namun, tepat pada saat pandemi tahun lalu, kankernya berkembang dan menyebar ke seluruh tubuh, memengaruhi tulang belakang, hingga menyebabkan lumpuh pada bagian bawah tubuhnya.

Baca juga:

Bintang ‘Friends' James Michael Tyler Mengidap Kanker Prostat


Manajer Tyler, Toni Benson, mengatakan kepada People bahwa aktor itu masih menyimpan harapan untuk tetap hidup meski harus melalui masa-masa sulit.

"Meskipun ia terikat di kursi roda, ia sangat mobile. Ia memiliki sikap yang paling menakjubkan," kata Benson saat itu.

Selain Friends, Tyler juga berperan sebagai bintang tamu di acara televisi, termasuk Sabrina the Teenage Witch (2001) dan Scrubs (2005). Pada 2013, ia memainkan peran utama dalam serial Modern Music.

Meksi tengah menjalani perawatan, Tyler bahkan membintangi dua film pendek, yakni The Gesture and the Word dan Processing, yang membawanya memenangi penghargaan aktor terbaik di berbagai festival film. (and)

Baca juga:

'Friends: The Reunion' Hampir Sepopuler 'Wonder Woman 1984'

#Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan