Kesehatan

Bingung Mau Rutin Olahraga Apa? Opsinya Hanyalah Lari

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 21 September 2018
Bingung Mau Rutin Olahraga Apa? Opsinya Hanyalah Lari
Pilihan olahraga ini harus dirutinkan (Foto: Pexels/Leandro Estock)

RUTIN berolahraga menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Bisa karena masalah waktu, keinginan kuat untuk mendatangi tempat olahraga tersebut seperti gym, atau memang pada dasarnya sudah malas.

Pilihan olahraga memang banyak. Kamu bisa bersepeda, melakukan sit up, push up, renang, bahkan olahraga ekstrem sekalipun seperti bungee jumping. Namun, nampaknya olahraga-olahraga tersebut membutuhkan sedikit usaha untuk dilakukan.

Sebenarnya ada solusi terbaik jika kamu masih bingung ingin rutin melakukan olahraga apa. Menurut laman NDTV, jawabannya ialah olahraga lari. Pun masih banyak juga yang malas melakukan olahraga ini, padahal sangat mudah.

Yang kamu perlukan hanyalah motivasi (Foto: Pexels/Tirachard Kumtanom)

Lari tidak membutuhkan kartu keanggotaan seperti di gym, alias tidak berbayar. Tidak perlu juga berpakaian olahraga atletik untuk mendukung gerakan-gerakan olahraga. Yang kamu perlukan hanyalah motivasi dan handuk untuk menyeka keringat yang bercucuran. Ditambah air mineral untuk mengisi tenaga kamu usai berlari.

Tidak hanya mudah dilakukan, olahraga lari memang sudah populer sejak berabad-abad lalu. Sebab memang tidak perlu modal yang neko-neko untuk menggerakkan kaki kamu hingga beberapa kilometer. Lari juga aman dilakukan beragam usia dengan porsi latihan yang disesuaikan.

Ada sensasi tersendiri saat kamu melakukan olahraga lari. Bukan sekadar menyehatkan, namun lari memberikan sensasi rasa senang saat melakukannya. Intinya kamu akan merasa percaya diri ketika berlari. Seakan masalah yang menumpuk dapat dilupakan sejenak.

Lari membuat perasaan senang (Foto: Pexels/Artem Bali)

"Pola gaya hidup saat ini membawa begitu banyak stres dan kecemasan. Kita lupa bahwa kita sebenarnya adalah manusia dan memiliki perasaan bawaan untuk benar-benar berlari bebas," Kata Ayesha Billimoria, Kapten Adidas Runners.

Selain itu, lari memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa membuat tubuh kamu ideal, hingga menyehatkan jantung. Jadi, tunggu apalagi, sudah simpel dan mudah, mulailah rutin berolahraga lari hari ini.

Untuk memulainya, kamu bisa merutinkan terlebih dulu seminggu dua kali. Setelahnya kamu bisa menambahkan porsi latihan hingga seminggu tiga kali. Untuk durasi latihan sendiri kamu bisa menhitungnya dengan hitungan menit, atau hitungan jarak.

Kamu juga bisa memilih waktu untuk melakukan olahraga lari. Entah pada pagi, siang, sore, atau malam hari. Selamat mencoba! (ikh)

Baca juga: Lakukan ini Agar Disiplin Jogging

#Lari Pagi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan