BIN Tegaskan Surat Edaran Siaga 1 Reuni 212 Hoax Logo Badan Intelijen Negara. (Dok. bin.go.id)

MerahPutih.com - Badan Intelejen Negara (BIN) menegaskan bahwa surat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan yang menyatakan siaga 1 terkait aksi reuni alumni 212 adalah hoax.

"Itu (surat edaran) adalah hoaks," tegas Juru bicara BIN Wawan H Purwanto seperti dilansir Antara, Jumat (30/11)

Dalam surat itu, Kepala BIN Budi Gunawan memerintahkan kepada seluruh pegawai BIN diberitahukan uutuk melaksanakan Siaga I karena adanya reuni 212 pada Minggu (2/12).

Juru bicara BIN Wawan H Purwanto

Dalam surat itu juga disebutkan pejabat BIN tidak diperbolehkan meninggalkan tempat tanpa seizin pimpinan, kecuali yang bertugas khusus.

Menurut Wawan, informasi itu tidak benar. Di tahun politik ini banyak sekali beredar berita-berita bohong atau kabar hoaks yang belum jelas kebenarannya.

"Ya namanya juga hoaks, tidak ada nilainya," katanya.

Wawan pun mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan "check and re-check" tentang kebenaran informasi yang didapatnya.

Ilustrasi hoax. Foto: ist

"Ya kita harus 'check', 'recheck' dan 'crosscheck'," kata Wawan.

Berikut ini 4 poin yang tertera dalam SE yang beredar itu:

1. Dasar: Perintah Bapak Kepala Badan Intelijen Negara tanggal 28 November 2018 untuk melaksanakan siaga I mengantisipasi situasi dan kondisi yang mengganggu stabilitas keamanan nasional terkait dengan kegiatan reuni 212 pada tanggal 2 Desember.

2. Sehubungan tersebut 'dasar', kepada seluruh pegawai BIN diberitahukan untuk melaksanakan siaga I pada Hari Minggu tanggal 2 Desember sampai dengan ada ketentuan lebih lanjut.

3. Kepada para pejabat BIN tidak diperbolehkan meninggalkan tempat tanpa seizin pimpinan, kecuali bagi yang bertugas khusus.

4. Demikian untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH