Bimbingan Belajar, Keinginan Orang Tua atau Anak? Persaingan ketat untuk mendapatkan nilai sempurna juga mengusik para pelajar. (Unsplash-Daniel Chekalov)

KIRANA, mahasiswi swasta di Tangerang, enggak akan lupa momen terberat menjalani tiga bulan jelang seleksi masuk PTN. Saban hari hanya berkutat dengan puluhan buku hingga tumpukan soal dari sebuah bimbel atau bimbingan belajar.

Satu minggu pertama, mungkin masa terbaik lantaran bisa kenal teman baru dengan tujuan sama; kuliah di PTN tujuan. Mereka saling menyemangati agar lulus dan bisa kuliah bersama. Pembimbingnya sabar sehingga merasakan kenyamanan berbeda dengan belajar di sekolah.

Baca Juga:

Pekerjaan Rumah Kerap Menjadi 'Pekerjaan Sekolah' Saat Ngilmu di Negeri Aing

Namun, perasaannya mulai tidak karuan setelah satu bulan berada di rutinitas serupa setiap harinya. Kirana mulai merasakan kewalahan dan tidak dapat mengatur waktu. Jangankan mengurus dirinya sendiri, untuk menyelesaikan seluruh tugas dari sekolah ditambah dengan tugas dari bimbel saja dirinya tak sanggup.

Saat itu, sekolah tempat Kirana belajar juga menerapkan bimbingan di luar jam pelajaran baku khusus kelas tiga SMA untuk mengikuti beragam ujian kelulusan nantinya.

Kegiatan wajib tersebut membuat seluruh siswa kelas tiga seharusnya pulang pukul tiga sore, terpaksa baru dapat pulang pukul lima sore. Setiap harinya Kirana hanya memiliki sekitar dua jam untuk istirahat, sebelum is harus memulai segala pembelajaran di bimbel pada pukul tujuh malam hingga selesai.

bimbel
Kurangnya waktu istirahat membuat para pelajar mengalami kelelahan. (Unsplash-Vladislav Muslakov)

Dalam satu harinya terdapat dua mata pelajaran dari target empat mata pelajaran dipelajari Kirana dalam kelas bimbel. Kelas bimbel tersebut hanya berisi sepuluh peserta, mempelajari lima mata pelajaran utama, meliputi Sejarah, Matematika, Bahasa Indonesia, dan PPKn.

Satu sesi pembelajaran berdurasi selama tiga jam dan jeda istirahat selama 30 menit. Saat seluruh materi telah disampaikan, peserta bimbel akan diberikan kuis terdiri dari 10 soal. Setiap nomornya memiliki poin tersendiri dan tidak terlalu besar.

Baca juga:

Meja Sekolah Jadi Arena Psywar Anak Pagi Versus Siang

“Jadi saat ada satu soal dijawab salah, poin didapatkan juga semakin sedikit dan berpengaruh pada nilai,” ucap perempuan sebelumnya memiliki harapan untuk masuk ke salah satu PTN jurusan psikologi tersebut.

Jarum jam telah menunjukkan pukul 11 malam, Kirana bergegas pulang. Perjalanan dari tempat bimbingan belajar ke tempat tinggalnya membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Waktu begitu dipergunakannya sebaik mungkin untuk mengistirahatkan mata dan tubuhnya dalam keadaan lelah. Pasalnya saat sampai di rumah, dirinya akan dihadapi lagi dengan tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas rumah untuk sekolah dan bimbel.

bimbel
Terlalu banyak belajar dalam satu hari membuat anak merasa kelelahan. (Unsplash-Tony Tran)

Pekerjaan rumah diberikan pihak bimbel biasanya terdiri dari 50 soal uraian. Setiap jawaban dipilih peserta bimbel harus dapat dipertanggungjawabkan dan disertai dengan alasan mengapa jawaban tersebut dipilih sebagai paling tepat.

“Hampir setiap malam itu ngerjain setiap soalnya pasti nangis. Bukan hanya capek fisik, tapi juga capek pikiran,” ucapnya.

Tak hanya beban pekerjaan rumah saja akhirnya mulai mematahkan semangat Kirana, ujian try out diberikan pihak bimbel setiap bulannya juga menjadi salah satu faktor mempengaruhi keputusannya untuk berhenti.

Tak hanya itu, persaingan ketat untuk mendapatkan nilai sempurna juga mengusiknya. Setelah tiga bulan lamanya, Kirana mulai menyerah dan melepas seluruh biaya telah dikeluarkannya untuk bimbel agar kesehatan mental dan fisiknya tidak memburuk.

bimbel
Tambahan waktu bimbingan belajar di luar sekolah harus adaptif terhadap anak. (Unsplash-Green Chameleon)

Per enam bulan, orang tua Kirana harus mengeluarkan belasan hingga puluhan juta rupiah. Sebelum Kirana masuk bimbel, ia harus melewati tes untuk mengetahui tingkat kemampuannya. Hal ini berpengaruh terhadap tingkatan di dalam proses bimbel. Dalam bimbel tersebut terdapat tiga peringkat dan semakin rendah peringkat didapatkan, peserta bimbel harus mengeluarkan biaya lebih besar.

Anak ketika kehilangan waktu bermain, menurut Femi Olvia pada Mendampingi Anak Belajar, akan menjadikan mereka pasif dan kurang sosialisasi, dan paling parah depresi.

Biasanya pada tahap awal, lanjutnya, anak mengalami kesedihan, stres dalam jangka panjang, hingga depresi.

Orang tua, menurutnya, harus peka terhadap keluhan anak saat belajar, apalagi menaruh harapan terlalu rumit, tak terjangkau, dan bukan kemauan anak. (Cit)

Baca juga:

Bolos Sekolah Belum Tentu Anak Salah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Apa Arti Kode Warna di Kemasan Pasta Gigi?
Fun
Apa Arti Kode Warna di Kemasan Pasta Gigi?

Terletak di bagian tube bawah pasta gigi.

Mengenang Perginya Raja Wakanda di Pra-Produksi Black Panther 2
ShowBiz
Mengenang Perginya Raja Wakanda di Pra-Produksi Black Panther 2

film Black Panther, yakni Black Panther: Wakanda Forever memasuki penggarapan. pra-produksi tidak akan menyertakan raja Wakanda

3 Nominasi Film Terbaik Golden Globe 2021 Memicu Kontroversi
Fun
3 Nominasi Film Terbaik Golden Globe 2021 Memicu Kontroversi

Tiga film ini disebut tidak layak masuk nominasi.

Kebiasaan Main Game Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental
Fun
Kebiasaan Main Game Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Tak disangka, bermain game juga punya manfaat kesehatan.

Bertalenta, ini Dia Sutradara Perempuan Hebat Kebanggaan Indonesia
ShowBiz
Bertalenta, ini Dia Sutradara Perempuan Hebat Kebanggaan Indonesia

Empat sutradara perempuan hebat kebanggaan Indonesia dengan prestasinya yang gemilang.

Trailer Terbaru 'F9' Makin Seru, Han Sampai Bikin Musuh Terbang
Fun
Afgan dan Raisa Kembali Hadirkan Single Kolaborasi
ShowBiz
Afgan dan Raisa Kembali Hadirkan Single Kolaborasi

Afgan dan Raisa merilis lagu kolaborasi baru berjudul 'Tunjukkan'

5G Beri Banyak Keuntungan
Fun
5G Beri Banyak Keuntungan

Kehadiran 5G akan memberikan banyak inovasi teknologi.

Saat dituduh Membunuh, Ini Tanggapan Facebook
Fun
Saat dituduh Membunuh, Ini Tanggapan Facebook

Pihak Facebook tidak tinggal diam saat mengetahui perusahaannya dituduh

Apa yang Terjadi Jika Keluar dari Kapal Selam yang Tenggelam?
Fun
Apa yang Terjadi Jika Keluar dari Kapal Selam yang Tenggelam?

Tidak mudah untuk menyelamatkan diri dari kapal selam yang tenggelam.