Billie Eilish Buat Film Pendek Tentang 'Body Shamming' Film pendek Billie Eilish membahas soal body shamming. (Foto: YouTube/Billie Eilish)

PENYANYI muda berbakat Billie Eilish menjadi salah satu penyanyi paling populer di kalangan remaja. Tidak hanya populer di dunia hiburan, Eilish juga dikenal punya kesadaran sosial yang tinggi. Setelah beberapa kampanye sosial yang pernah dilakukannya, kini ia merilis film pendek yang menyoroti tentang body shamming.

Sebuah film pendek berjudul Not My Responsbiility dirilis Billie Eilish melalui akun YouTube pribadinya pada Selasa (26/5). Video berdurasi tiga menit 41 detik tersebut mengangkat tema perundungan terhadap bentuk tubuh seseorang.

Baca juga:

Mengenal Billie Eilish, Penyanyi Belia Nyentrik asal Amerika dengan Sederet Prestasi

Dalam video tersebut, pelantun lagu Bad Guy ini mengenakan pakaian dan latarbelakang hitam. Diiringi musik bernada 'suram', Eilish membacakan narasi sambil melepas busananya satu persatu sebelum akhirnya masuk dan tenggelam ke dalam air.

Melansir laman Variety, film pendek tersebut dibuat oleh Eilish dan pernah tayang perdana saat tur konsernya yang bertajuk Where Do We Go? di Miami pada awal 2020.

“Apakah kalian benar-benar mengenalku? Kalian semua punya opini terhadap musikku, pakaian yang kukenakan, dan tubuhku,” ucap Eilish di awal film.

“Beberapa orang benci apa yang kukenakan, beberapa orang memuji, beberapa orang menggunakannya untuk mempermalukan orang lain, beberapa orang menggunakannya untuk mempermalukanku,” lanjutnya.

Baca juga:

Sabet 5 Piala Grammy Awards 2020, Billie Eilish: Terima Kasih Penggemar

Eilish yang berhasil memboyong lima Grammy Awards 2020 lantas bertanya, “Apakah kalian ingin aku lebih kurus? Lebih lemah? Lebih lembut? Lebih tinggi? Apakah kalian mau aku diam?”

Sebelum tenggelam, Eilish menegaskan bahwa kita yang memutuskan segala sesuatu yang kita inginkan. Bukan orang lain, bukan siapapun.

Billie Eilish Buat Film Pendek Tentang 'Body Shamming'
Film pendek ini sempat tayang di konsernnya yang bertajuk Where Do We Go. (Foto: YouTube/Billie Eilish)

Ketika tenggelam ke dalam air, narasi berlanjut. Eilish berbicara mengenai siapa yang memutuskan untuk membentuk dirinya.

Di akhir film, ia bertanya apakah nilai dirinya didasarkan atas persepsi orang banyak atau tidak. “Apakah nilaiku berdasarkan perspektifmu? Apakah opinimu bukan tanggung jawabku?”

Ini bukan kali pertama Billie Eilish menyinggung tentang body shamming. Pada April 2020, ia mengomentari netizen yang mengkritik dirinya saat mengunggah foto seksi di akun Instagram miliknya.

Hingga saat artikel ini dibuat, video tersebut sudah ditonton lebih dari delapan juta kali dengan 100 ribuan lebih komentar. (and)

Baca juga:

Bijaksana, Begini Cara Billie Eillish Hindari Pelecehan Seksual



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH