Bila Kamu Memiliki 4 Tanda ini Berarti Paranoid Hati-hati bila kamu memiliki gejala-gejala ini. (Foto: Pixabay/geralt)

GANGGUAN kepribadian paranoid atau biasa yang di sebut dengan parno adalah kondisi seseorang memiliki cara berpikir yang aneh. Dia selalu merasa bahwa orang lain memiliki maksud yang jahat kepadanya.

Rata-rata orang yang memiliki gangguan kepribadian ini berasumsi bahwa orang lain akan mengeksplotasi, menyakiti, atau menipunya. Padahal kenyataannya tidak ada bukti sama sekali bahwa orang lain bertujuan seperti itu kepadanya. Apakah kamu memiliki gejala-gejala paranoid?

1. Tidak percaya kepada orang lain

paranoid
Tidak percaya pada orang lain adalah gejala utama. (Foto: Pixabay/RyanMcGuire)

Tidak percaya pada orang lain adalah gejala utama dari orang yang memiliki gangguan kepribadian paranoid. Orang dengan gangguan kepribadian ini biasanya selalu memiliki rasa curiga pada orang lain dibalik sikap yang ditunjukan kepadanya. Dia merasa orang lain memiliki motivasi jahat dan mencelakakannnya.

2. Tertutup terhadap orang lain

paranoid
Tidak pernah mengungkapkan sisi pribadinya. (Foto: Pexels/freestock.org)


Orang dengan gangguan kepribadian biasanya pada dasarnya hidup normal seperti orang lain. Hanya saja cara berpikirnyalah membedakannya dengan orang lain. Ketika ada masalah maka orang paranoid tidak akan berbagi cerita. Dia merasa informasi yang diberikannya akan digunakan untuk melakukan kejahatan kepadanya.

3. Curiga pada pasangan

paranoid
Selalu mencurigai pasangannya. (Foto: Pexels/Pixabay)

Dalam hubungan pernikahan atau pacaran, orang paranoid selalu merasa bahwa pasanganya tidak setia atau bermain di belakangnya. Padahal, hal ini sama sekali tidak berdasar. Akibatnya, orang dengan gangguan kepribadian ini akan menjadi pasangan yang suka mengendalikan dan sangat cemburu.


4. Selalu tegang

paranoid
Tidak nyaman dalam kehidupan sosial. (Foto: Pexels/Pixabay)


Pikiran orang paranoid selalu dipenuhi oleh kecurigaan pada orang lain. Ini membuatnya sangat sulit bersantai. Misalnya, ketika sedang menghabiskan waktu di sebuah kafe lalu ada orang yang tiba-tiba mengarahkan pandangan kepadanya. Maka pikirannya langsung bergejolak memikirkan semua kemungkinan buruk secara berlebih. Akibatnya bukannya santai yang di dapat malah dia terus berada dalam kecemasan. (gsl)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH