Bikin Publik Percaya, ini Berita Hoax Terpopuler Sepanjang Masa

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 04 Oktober 2018
Bikin Publik Percaya, ini Berita Hoax Terpopuler Sepanjang Masa
Sejumlah berita bohong bahkan membuat publik heboh. (foto: pixabay/geralt)

KABAR bohong atau berita bohong bisa maat berbahaya. Hoax adalah berita palsu yang sengaja dibuat seseorang dengan niat jahat. Di masa kini, berita hoax semakin masif dan merajalela. Tak sedikit yang kesulitan mengetahui apakah suatu berita benar ataukah hoax.

Demikian juga terjadi ketika terdengar kabar pengeroyokan atas Ratna Sarumpaet. Ibunda dari artis cantik Atiqah Hasiholan tersebut mengaku dikeroyok di daerah Bandung. Kabar pengeroyokan tersebut beredar dengan luas hingga membuat sejumlah tokoh turun tangan.

Belakangan diketahui bahwa kabar itu hanyalah hoax. Publik dibuat nyaris percaya dengan berita tersebut lantaran ia juga memperlihatkan foto dengan wajah yang lebam.

Hoax memang beredar di mana saja. Sejumlah hoax tak hanya tersebar secara regional, tetapi juga menyebar hingga ke berbagai sudut Bumi. Berita-berita yang dibuat oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab tersebut membuat masyarakat percaya. Bahkan beberapa di antaranya menimbulkan keresahan di masyarakat. Berikut hoax paling fenomenal sepanjang sejarah.

1. Manusia adalah Bangsa Primata (1913)

simpanse
Gigi simpanse dan campuran bagian orangutan dikira moyang manusia. (foto: pixabay/suju)

Pada 1908, masyarakat dunia dihebohkan dengan isu manusia The Piltdown. Para ilmuwan mengklaim bahwa mereka menemukan tengkorak dan tulang rahang nenek moyang manusia di Piltdown, Inggris. Fosil tersebut menunjukkan bentuk struktur yang menyerupai bangsa primata.

Beberapa dekade kemudian, terungkap bahwa itu hanyalah berita bohong. Ilmuwan tersebut mengambil gigi dari simpanse. Bagian rahang yang diakui berumur 500 tahun tersebut diambil dari orangutan, sedangkan bagian tengkorak diambil dari manusia abad pertengahan. Berita tersebut menggegerkan dunia dan membuat banyak orang tertipu, termasuk Geological Society of London, Royal College of Surgeons, hingga American Museum of Natural History.

2. Pengumunan Perang Dunia Lewat Radio (1938)

radio
Drama radio Orson Welles menimbulkan kehebohan di masyarakat. (foto: pixabay/fancycrave1)

Pada 30 Oktober 1938, Orson Welles membuat sebuah drama radio yang diadaptasi dari novel milik HG Wells berjudul The War of the Worlds. Drama tersebut dibuat serealistis mungkin. Ia membuat drama tersebut seolah-olah breaking news yang mengumumkan ledakan di Mars dan pesawat luar angkasa mendarat di Grover’s Mill, New Jersey, dan penduduk Mars akan meneror New Jersey dan New York City. Drama tersebut membuat masyarakat New Jersey panik dan ketakutan. Beberapa di antaranya bahkan mengemas barang-barang mereka dan kabur dari kota.

Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan