Bikin Ngiler, 5 Kuliner Khas Idul Fitri di Berbagai Negara Kuliner khas lebaran dari berbagai negara (Foto: Freepik)

HARI raya Idul Fitri memang identik sama salat Id, bersilaturahmi, menghabiskan waktu bersama, dan tentunya makan-makan.

Di Indonesia sih lebaran belum lengkap namanya kalau enggak ada ketupat, opor, rendang, dan makanan khas lainnya di meja makan.

Baca juga:

Cara Mudah Mengontrol Kadar Kolesterol Saat Lebaran

Nah, di negara-nagara lain juga punya kuliner khas Idul Fitri masing-masing lho. Dilansir dari berbagai sumber, ini dia beragam makanan khas lebaran di berbagai negara.

1. Irak dan Arab Saudi

Bikin Ngiler, Kuliner Khas Idul Fitri di Berbagai Negara
Kleichas jadi kue andalan Irak dan Arab Saudi ketika lebaran (Foto: Caroline's Cooking)

Irak dan Arab Saudi terkenal dengan tradisi memakan buah kurma selama Ramadan. Biasanya kurma jadi cemilan yang dimakan ketika sahur atau berbuka puasa.

Selain itu, mereka juga punya makanan unik bernama Kleichas, biskuit rasa mawar yang berisi kacang dan kurma. Kabarnya, kedua negara tersebut menjadikan biskuit Kleichas sebagai biskuit khas negaranya.

2. Turki

Bikin Ngiler, 5 Kuliner Khas Idul Fitri dari Berbagai Negara
Sajian manis Baklava yang dibagikan kepada orang-orang terdekat (Foto: Food Network)

Turki punya tradisi unik yang disebut sebagai Ramadan Bayram atau Seker Bayrami. Dalam tradisi tersebut mereka akan saling membagikan makanan manis berupa permen atau coklat.

Kuliner manisan khasnya ini disebut sebagai Baklava dan akan dibagikan kepada teman, keluarga, serta tetangga sekitar. Baklava sendiri adalah kue pastry yang diisi dengan potongan kacang dan direndam madu. Saat Idul Fitri, makanan ini pun tak lupa disajikan.

Baca juga:

Tutorial Silaturahmi Virtual Kekinian Saat Pandemi Virus Corona

3. Tiongkok

Bikin Ngiler, 5 Kuliner Khas Idul Fitri dari Berbagai Negara
You Xiang terbuat dari tepung dan air (Foto: Cooking Simple Chinese Food at Home)

Walau jumlah penganut agama Islam tidak terlalu banyak di Tiongkok, namun warga Muslim di sana juga punya makanan khasnya sendiri ketika Idul Fitri bernama You Xiang.

Sajian ini terbuat dari tepung terigu, air, dan, roti beragi yang digoreng. You Xiang biasanya diberikan sebagai hadiah maupun dimakan sebagai bagian dari perjamuan makan saat Idul Fitri.

4. Rusia

Bikin Ngiler, 5 Kuliner Khas Idul Fitri di Berbagai Negara
Manti, pangsit isi daging dari Rusia (Foto: Peters Food Adventure)

Rusia juga punya makanan unik khas Idul Fitri sendiri. Makanan tersebut bernama Manti. Biasanya Manti sering dikonsumsi ketika lebaran tiba. Manti adalah sebuah pangsit yang diisi dengan daging domba atau sapi.

5. Afghanistan

Bikin Ngiler, 5 Kuliner Khas Idul Fitri di Berbagai Negara
Afghanistan terkenal dengan sajian bolaninya (Foto: The Curious Chickpea)

Lebaran di Afghanistan lebih berorientasi kepada festival untuk anak makanya banyak acara yang didesain bagi anak-anak. Namun makanannya tetap ditujukan untuk satu keluarga.

Salah satu makanan yang paling terkenal adalah bolani, roti rata yang diisi dengan sayuran hijau, seperti bayam, kentang, labu, atau kacang-kacangan. (sam)

Baca juga:

Tips Ampuh Tetap Bugar Saat Lebaran Setelah Berpuasa Sebulan Penuh


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH