Bikin Kue Tanpa Tepung Terigu, Bisa?

P Suryo RP Suryo R - Sabtu, 25 April 2020
Bikin Kue Tanpa Tepung Terigu, Bisa?
Membuat kue menggunakan bahan pengganti tanpa gula atau tepung. (Foto: Pixabay/e2grafikwerkstatt)

SEJAK pandemi COVID-19, semua aktivitas yang dijalankan berada di rumah. Tentu, banyak orang yang memanfaatkan hal ini untuk mengasah skill memasak, membuat kue, bekerja, atau yang lainnya. Terkadang, saat kamu sedang niat memasak dan pergi ke pasar swalayan. Ternyata barang yang kamu butuhkan enggak ada dan stoknya terbatas.

Kalau kamu ingin membuat kue pisang, kamu bisa mengganti bahan-bahannya dengan yang lain. Walaupun rasanya memang enggak sempurna tapi masih lezat. Alternatif lainnya bisa menggunakan tepung terigu yang kasar untuk membuat kue pisang, atau kue apel.


Baca Juga:

Favorit, Es Tebak Segar untuk Berbuka Puasa

Melansir laman Mirror.co.uk, ada 3 bahan pengganti yang harus ada untuk membuat kue, antara lain.

1. Ragi

kue
Bahan ragi merupakan cara alternatif agar kamu bisa membuat kue tanpa tepung. (Foto: Pixabay/Krzys16)


Kalau resep kamu meminta untuk baking soda, baking powder dan ragi agar dipanggang. Tapi kamu enggak punya, kamu bisa memakai baking soda dan jus lemon atau buttermilk dan cuka. Meskipun, dua pilihan tersebut membuat adonannya mengembang. Sayangnya memang rasanya agak berbeda dengan menggunakan ragi.

Baca Juga:

Resep Nasi Goreng Sushi untuk Ramadan di Rumah Aja

2. Mentega

kue
Mentega tawar adalah jenis umum yang bisa kamu pakai untuk membuat kue. (Foto: Pixabay/Ponce_photography)


Jenis yang paling umum digunakan untuk membuat kue adalah mentega tawar. Atau kamu bisa memakai dairy-free, minyak kelapa dan Trex. Jika kamu tak punya bahan yang disebutkan kamu bisa mencoba sayuran seperti wortel. Karena wortel punya kandungan air saat dimasak sebagai garam pada baking powder dan gula yang keluar dari sayuran ketika dipanaskan.


3. Pemanis

kue
Bahan pengganti lainnya kamu bisa gunakan gula pasir atau demerara untuk membuat kue. (Foto: Pexels/Mali Maeder)

Nah, bahan yang terakhir kamu bisa menggunakan gula pasir atau demerara. Walaupun teksturnya beda, tapi kue yang kamu buat masih terasa manis kok. Selain itu, kamu juga bisa memakai buah-buahan seperti pisang, apel dan raspberries yang dijadikan bahan pengganti karena mengandung gula alami. Nah, kalau kamu membuat kue pisang atau kue wortel kamu bisa mencoba dengan memakai madu, sirup maple yang teksturnya seperti basah. (bfm)

Baca Juga:

Bukan yang Instan, Resep Mi ini Simpel dan Enak

#Kue #MEInang #Puasa #Menu Buka Puasa #Buka Puasa Bersama
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan