Bikin Kenyang Lebih Lama, Makanan ini Bisa untuk Sahur Beberapa jenis makanan bisa membuat kamu kenyang lebih lama. (foto: pixabay/rawpixel)

KAMU mungkin memiliki ide tersendiri tentang makanan yang sempurna. Sehat, lezat, dan mengenyangkan dalam waktu yang lama merupakan beberapa kriteria umum untuk sebuah makanan sempurna.

Dr David Katz, pendiri Yale University Prevention Center, mengatakan makanan yang membuat kenyang lebih lama ternyata memang ada.

Barbara Rolls, penulis The Ultimate Volumetrics Diet, menyebut serat dan protein bisa membuat kenyang lebih lama. Memakan dua jenis nutrisi tersebut memberimu banyak energi dan rasa kenyang yang lebih lama.

Saat berpuasa, merasa kenyang lebih lama bisa menghindarkan kamu dari perut keroncongan seharian. Jadi enggak ada salahnya untuk memasukkan beberapa makanan ini ke menu sahur kamu.

1. Kentang bakar

baked potataoes
Kentang kaya vitamin, serat, dan nutrisi lainnya. (foto: pixabay/ritaE)

Dalam sebuah studi pemeringkatan 38 makanan yang mengenyangkan, peserta studi menempatkan kentang rebus di urutan pertama makanan yang paling mengenyangkan dengan daya tahan selama 2 jam.

Meskipun kerap dijauhi karena dianggap banyak mengandung kalori, kentang--entah dibakar maupun direbus--mengandung vitamin, serat, dan nutrisi lainnya. Mengonsumsi kentang memberimu tingkat energi yang stabil dan rasa kenyang yang tahan lama.

2. Telur

egg
Telur mengandung asam amino yang memicu pelepasan hormon penekan nafsu makan. (foto: pixabay/congerdesign)

Sebuah studi di Universitas Saint Louis menemukan bahwa mereka yang mengonsumi dua butir telur sebagai menu sarapan mengasup 330 kalori lebih sedikit ketimbang mereka yang makan donat atau bagel untuk sarapan. Joy Dubost, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, menyebut telur mengandung sembilan asam amino esensial yang tidak bisa dihasilkan tubuh. Saat dicerna, asam amino tersebut memicu pelepasan hormon yang menekan nafsu makan.

3. Apel

apple
Pektin dalam apel memperlambat pencernaan. (foto: pixabay/publicdomainpictures)

Buah yang satu ini mengandung pektin. Menurut studi gastroenterologi, zat pektin memperlambat pencernaan dan menimbulkan rasa kenyang. Faktanya, orang yang makan sebuah apel sebagai bagian dari menu makan merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit ketimbang mereka yang mengonsumsi jus ataupun saus apel.

4. Smoothie

smoothie
Smoothhie membuta kenyang lebih lama. (foto: pixabay/

Saat minuman lain tidak mengenyangkan, meminum minuman penuh udara malah sebaliknya. Studi dari Universitas Penn State menyebut minuman yang penuh udara membuat kamu merasa penuh dan makan lebih sedikit saat waktu makan beriktunya. Namun, pastikan kamu tidak menambahkan terlalu banyak sirup manis ke dalam smoothie ya.(*)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH