Inspirasi

Bikin Foto Bokeh yang Oke, Pakai Trik Ini

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 12 Januari 2018
Bikin Foto Bokeh yang Oke, Pakai Trik Ini
Ilustrasi. (foto: pexels)

BOKEH adalah istilah yang banyak diperbincangkan di dunia fotografi. Kata bokeh berasal dari bahasa Jepang yang berarti kabur atau blur atau haze dalam bahasa Inggris. Jika dikaitkan dengan fotografi, bokeh merujuk pada kualitas estetika dari area out-of-focus dari sebuah foto. Efek foto bokeh dapat membuat foto lebih lembut.

Untuk menghadirkan efek bokeh dalam foto, Anda mungkin harus memiliki aperture atau bukaan lensa yang besar dan jarak fokus yang pendek dengan subjek foto. Anda perlu menggunakan lensa yang cepat dan lensa tersebut harus memiliki bukaan yang lebar. Terlebih lagi, untuk meningkatkan tingkat visibilitas efek bokeh dalam foto, perlu dipastikan adanya jarak yang cukup antara subjek foto dan latar belakang foto.

Efek bokeh dapat diaplikasikan secara software maupun secara hardware. Di pasaran saat ini, banyak terdapat software atau piranti lunak yang dapat mengemulasi efek foto bokeh, bahkan tanpa diperlukan kemampuan fotografi yang tinggi. Selain itu, Anda juga dapat mengandalkan kamera yang memiliki hardware yang dapat mendukung pengambilan foto dengan efek bokeh, seperti tambahan lensa untuk menghasilkan depth of field, dan lainnya.

Saat ini, banyak perangkat ponsel pintar dengan hardware mumpuni yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan efek bokeh, hanya dengan sentuhan jari.

Nah, untuk membuat foto bokeh yang oke dengan ponsel pintar Anda, ikuti trik berikut, ya.


1. Pencahayaan yang sempurna

Untuk memastikan Anda dapat mengambil foto dengan efek bokeh yang baik, pencahayaan merupakan perkara penting. Pastikan subjek foto memiliki pencahayaan yang cukup dan merata.

2. Fokus pada subjek foto jelas

Untuk memastikan hasil foto dengan efek Bokeh yang maksimal, Anda harus menetapkan dan memfokuskan subjek foto dengan jelas. Hal itu akan membantu Anda membuat subjek foto terisolasi dari latar belakang.
Semakin cepat bukaan lensa, semakin baik efek foto bokeh yang dihasilkan. Untuk mendapatkan efek foto bokeh yang baik, Anda memerlukan perangkat dengan bukaan lensa yang cepat dan lebar, minimal lensa dengan bukaan f/2.8, atau bahkan yang lebih baik lagi dengan bukaan f/2, f/1.8 atau f/1.4 untuk hasil yang lebih ideal. Saat ini, perangkat ponsel pintar sudah dilengkapi dengan perangkat keras, seperti lensa kamera, yang dapat mendukung pengambil efek foto bokeh.

3. Jarak yang cukup antara subjek foto dan latar belakang

Anda perlu memastikan ada jarak yang cukup antara subjek foto dan latar belakang ketika mengambil foto dengan efek bokeh. Ketika menggunakan kamera depan dari ponsel pintar, hal itu bisa menjadi salah satu tantangan untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh yang baik. Untuk para pencinta selfie, Anda dapat mengambil foto selfie dengan efek bokeh yang maksimal dengan fitur soft light flash di beberapa ponsel pintar.

4. Maksimalkan aplikasi untuk mengedit foto

Untuk menciptakan foto dengan efek yang tidak terlalu berlebihan, Anda dapat memfinalisasi hasil foto dengan berbagai aplikasi photo editor.(Avi)

Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan