Ramadan 2018

Bikin Cepat Haus, Makanan ini Wajib Dihindari saat Sahur

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 25 Mei 2018
Bikin Cepat Haus, Makanan ini Wajib Dihindari saat Sahur
Beberapa jenis makanan malah bikin cepat haus. (foto: Pixabay/inkflo)

MENAHAN lapar saat berpuasa mungkin tidak terlalu berat bagi beberapa orang. Bagi mereka, menahan haus lah yang terhitung cukup berat. Hal itu wajar mengingat cuaca Indonesia yang cenderung terik di bulan Ramadan ini.

Rasa haus yang timbul tak jarang bikin badan lemas. Tak cuma itu, kamu juga rentang salfok saat haus melanda. Berhubung saat berpuasa tidak boleh minum hingga waktu berbuka, wajar saja rasa haus datang di siang hari yang terik. Namun, faktor cuaca bukan satu-satunya yang bikin kamu gampang haus. Jenis makanan yang diasup saat sahur juga andil dalam bikin kamu cepat haus. Berikut 5 jenis makanan yang wajib kamu hindari saat sahur agar tak cepat haus.

1. Makanan pedas

cabai
Sensasi pedas di mulut bikin ingin minum. (foto: pixabay)

Sensasi pedas di mulut sudah pasti akan bikin kamu ingin minum. Rasa pedas di mulut seringkali masih terasa meskipun sudah beberapa waktu berselang. Tentu enggak enak dong berpuasa sepanjang hari dengan menahan sensasi pedas di mulut.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari makan hidangan terlalu pedas untuk sahur. Menu pedas seperti rica-rica, ayam geprek, balado, atau berbagai sambal pedas sebaiknya kamu hindari. Selain bikin cepat haus, makanan pedas juga berpotensi menaikkan asam lambung.

2. Makanan yang terlalu manis

gula
Makanan dengan glukosa tinggi juga tak baik saat sahur. (foto: pixabay)

Mungkin kamu berpikir makanan manis atau yang mengandung gula bisa memberi energi selama puasa. Namun, ternyata anggapan itu salah. Makanan manis atau yang tinggi gula, seperti nasi putih, mengandung banyak glukosa. Metabolisme glukosa dalam tubuh membuat kamu cepat merasa haus.

Kalau sulit untuk enggak makan nasi saat sahur, kamu tetap bisa menyantapnya dalam porsi yang dikurangi. Tambahkan porsi sayur dan lauk. Solusi lain, ganti nasi putih dengan nasi merah yang kaya serat, tapi rendah gula.

3. Makanan mengandung MSG dan kadar garam tinggi

garam
Meski nikmat, sajian gurih dengan garam tinggi dihindari saat sahur. (foto: pixabay)

Kamu pasti selalu merasa amat haus setelah makan keripik kemasan. Hal itu disebabkan tingginya kadar garam dan MSG dalam kudapan itu. Makanan dengan rasa gurih dan asin memang terkenal cepat membuat haus. Oleh karena itu, hindari deh makanan yang mengandung terlalu banyak garam dan MSG saat sahur.

Meskipun demikian, kamu masih boleh kok memakai garam dalam masakan asalkan jumlahnya seimbang dan dibatasi. Cara terbaiknya, kombinasikan menu sahur agar tidak semuanya makanan gurih, seperti nasi uduk, ayam goreng, dan telur asin. Selain itu, pantang deh makan mi instan saat sahur. Selain bikin cepat haus, mi instan yang miskin nutrisi akan bikin kamu cepat lapar saat berpuasa.

4. Makanan bersantan

santan
Enggak cuma bikin gampang haus, makanan bersantan bisa memicu asam lambung. (foto: pixabay)

Makanan bersantan memang enak dan gurih ya. Seperti opor, gulai, rendang atau kari ayam hangat pasti bikin sahur jadi semangat. Namun, makanan bersantan juga punya kandungan kalori yang tinggi sehingga bikin kamu cepat lelah dan haus. Selain itu, kandungan santan juga berpotensi menaikkan asam lambung.

Kabar baiknya, kamu tetap bisa menikmati makanan bersantan saat berbuka ya. Jadi kamu hanya perlu menghindari makanan jenis ini saat sahur.

5. Minuman berkafein

teh
Ganti minuman berkafein saat sahur dengan air hangat. (foto: pixabay)

Enggak cuma makanan tertentu yang harus dihindari, minuman juga. Minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan cokelat, punya sifat deuretik. Artinya, minuman tersebut bakal bikin kamu 'beser' alias sering buang air kecil. Dengan banyak air yang keluar dari tubuh, otomatis kebutuhan akan cairan pun meningkat. Itulah yang bikin kamu gampang haus setelah mengasup minuman berkafein.

Agar lebih sehat, ganti semua minuman berkafein di saat sahur dengan air putih hangat. Minimal, kamu minum dua gelas air di saat sahur. Air putih yang cukup saat sahur akan menjaga keseimbangan tubuh selama berpuasa.

Selamat berpuasa.(dwi)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan