Hari Guru Nasional

Bikin Betah Belajar, Seperti Inilah Sosok Guru Idaman Milenial

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 26 November 2019
Bikin Betah Belajar, Seperti Inilah Sosok Guru Idaman Milenial
Guru idaman milenial bikin betah belajar (Foto: Unsplash/sean Kong)

ALASAN siswa pergi ke sekolah bermacam-macam. Ada yang memang niat belajar, ada yang karena supaya dapat uang saku, dan ada pula yang pegi ke sekolah karena tidak sabar ingin bertemu teman.

Namun, ada satu alasan yang bikin siswa rajin pergi ke sekolah, yaitu guru idaman mereka. Setiap siswa terutama yang milenial tentu punya kriteria guru idaman. Bahkan guru idaman ini bikin para siswa betah belajar.

Baca juga:

Cobain deh, Cara Ampuh Jadi Murid Kesayangan Guru

Nah seperti apa sih tipe guru idaman milenial?

1. Berparas menarik

Rasanya tidak mau bel cepat berbunyi belajar dengan guru berparas menarik (Foto: Unsplash/Javier Sierra)

Diajari guru killer rasanya ingin bel cepat berbunyi supaya waktu belajar dengannya selesai. Namun, kalau diajari guru berparas menarik yang tampan atau cantik rasanya tidak mau deh bel cepat-cepat berbunyi. Kalau perlu semua mata pelajaran guru tersebut yang mengajarkan.

Biasanya karena betah belajar dengan guru berparas menarik, siswa lebih mudah memahami pelajaran. Bagaimana tidak, setiap apa yang diucapkan guru itu pasti didengar dengan seksama. Parasnya menarik, otaknya pintar, bikin siswa semakin semangat belajar deh guru seperti itu.

2. Bersikap humoris

Selingan berupa humor membuat proses belajar mengajar menarik (Foto: Unsplash/You X Ventures)

Belajar memang harus serius. Namun, akan terasa membosankan kalau terlalu serius. Perlu ada selingan berupa humor dari seorang guru agar proses belajar mengajar menyenangkan. Tidak hanya bikin betah belajar, guru humoris bikin siswa kangen terus. Banyolan atau lawakan dia yang begitu ringan selalu mencairkan suasana belajar yang cukup memusingkan.

Baca juga:

Ketika Cara Mengajar Guru Tergantikan oleh Aplikasi Mengajar

3. Mengajar dengan inovasi

Guru berinovasi akan mengajar dengan cara yang menarik (Foto: Pexels/mentatdgt)

Proses belajar mengajar akan lebih menyenangkan saat dilakukan oleh guru berinovasi. Guru yang berinovasi tidak hanya mengajar melalui interaksi di depan kelas. Belajar akan semakin menarik melalui sebuah game maupun kuis yang diberikan oleh sang guru idaman.

4. Tetap punya wibawa

Wibawa tetap dibutuhkan seorang guru (Foto: Pexels/fauxels)

Bagaimanapun guru merupakan pemimpin di dalam kelas. Oleh karena itu, seorang guru harus tetap punya wibawa. Guru yang berwibawa tidak hanya disegani oleh siswa. Wibawa dari guru tersebut menjadi panutan mereka yang selalu ingin dicontoh.

Bagaimana sahabat Merah Putih, kira-kira ada tidak ya guru idaman seperti ini? (ikh)

Baca juga:

Jangan Main-Main dengan Guru 'Killer', Ini Cara Menghadapinya

#Hari Guru Nasional #Guru #Siswa
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan