Bikin Aturan, Kemenhub Janji Libatkan Komunitas Sepeda Pesepeda di Jakarta. (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Semakin banyaknya warga bersepeda di tengah pandemi COVID-19 menjadi perhatian khusus Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dalam waktu dekat akan dibuatkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) untuk melindungi pesepeda.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengungkapkan saat ini Permenhub untuk melindungi pesepeda masih digodok ditingkat kementerian dan kepolisian. Permenhub ini sangat penting supaya pesepeda tidak menjadi korban laka lantas.

"Saya buat Peraturan Menhub tentang perlindungan keselamatan bagi pengguna sepeda. Dalam Permenhub dicantumkan terkait sepedanya seperti apa yang berkeselamatan," ujar Budi di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 7 Juli 2020.

Baca Juga:

Yogyakarta Mulai Gencarkan Promosi Wisata Alam

Budi mencontohkan, beberapa aturan yang akan diatur di antaranya bersepeda saat malam hari diwajibkan melengkapi spotlight, penggunaan helm, dan tanda yang harus diberikan pesepeda ketika akan berbelok atau lurus. Dengan demikian pesepeda lebih aman dan tidak membahayakan kendaraan mobil dan sepeda motor.

"Kami libatkan komunitas pesepeda dalam membuat Permenhub. Di Indonesia ternyata jarang ada kecelakaan antarsepeda, justru pesepeda jadi korban kecelakaan dengan kendaraan lain," katanya.

Selanjutnya setelah Permenhub disahkan, lanjut Budi, pemerintah pusat akan mendorong pemerintah daerah untuk membuat jalur khusus pesepeda. Ia melihat Solo sangat dimungkinkan buat jalur khusus pedepeda.

"Di Jakarta dan Bandung kami juga mendorong pemerintah daerah membuatkan jalur khusus sepeda agar tidak saling berebut jalan.

Ia berharap bersepeda tidak sekedar menjadi gaya hidup semata, tetapi bisa dimanfaatkan untuk beraktivitas untuk berangkat ke sekolah atau tempat kerja. Dengan demikian polusi udara dan kemacetan bisa ditekan dengan bersepeda. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Masih Bertambah


Tags Artikel Ini

Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH