Bike to Care 2023 Lombok Loop, Gowes untuk Masa Depan Anak-Anak Indonesia Bike to Care melibatkan aktivitas amal dan sosial. (Foto: MP/Hendaru Tri Hanggoro)

PERBUKITAN hijau nan menyegarkan, hamparan laut biru sejauh mata memandang, lazuardi yang teduh, jalanan aspal mulus nan lapang, dan masyarakat yang ramah. Siapa tidak suka mengunjungi dan menyusuri tiap jengkal wilayah seperti ini? Inilah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sepotong surga yang bocor ke bumi.

Gambaran itu diputar sekilas dalam video pendek pada Konferensi Pers Bike to Care 2023 Lombok Loop di Diskusi Kafe, Jakarta (10/1). Empat pesepeda balap melaju beriring di tengah keindahan bentang alam Lombok sebagai promo kegiatan Bike to Care.

Bike to Care berbentuk kegiatan bersepeda jarak jauh (ultra-distance cycling). Namun, berbeda dari kegiatan bersepeda jarak jauh umumnya, Bike to Care melibatkan aktivitas amal dan sosial.

“Para pesepeda tak hanya mengayuh mengelilingi Lombok sambil menikmati view Lombok yang cantik, tetapi juga berbagi kebaikan dengan melakukan penggalangan dana atas nama masing-masing pesepeda,” kata Project Leader Bike to Care 2023, Teuku Adhitia.

Bike to Care diselenggarakan oleh SOS Children’s Villages Indonesia, lembaga sosial yang berdiri di Indonesia sejak 1972. Program ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap hak-hak anak melalui olahraga sepeda.

Seluruh hasil penggalangan dana Bike to Care 2023 digunakan untuk memenuhi hak-hak anak yang meliputi hak kelangsungan hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan, dan hak berpartisipasi.

Baca juga:

Depok Urban Track (DUT), Jelajah Tempat Historis di Depok Menggunakan Sepeda

bike to care
Seluruh hasil penggalangan dana Bike to Care 2023 digunakan untuk memenuhi hak-hak anak. (Foto: SOS Children’s Villages Indonesia)

“Ada banyak anak-anak Indonesia yang kehilangan haknya, tidak memiliki kesempatan hidup dengan orang tuanya, kehilangan kesempatan pendidikan dan tumbuh kembang. Melalui olahraga sepeda Bike to Care, kami mengajak masyarakat memenuhi hak anak-anak ini,” kata Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages,

Bike to Care kali pertama berlangsung secara daring atau virtual pada 2020. Berlanjut pada 2021. Lebih dari 1.500 pesepeda berpartisipasi untuk mewujudkan masa depan anak anak Indonesia.

Pada 2022, Bike to Care untuk kali pertama digelar luring dengan rute keliling Bali 500KM dan Toba 300KM. Memasuki 2023, Bike to Care akan kembali digelar selama dua hari secara luring di Lombok pada 4-5 Februari sejauh 370KM.

Mengangkat tema #MengayuhUntukAnak, Bike to Care 2023 membawa makna dan misi baru dalam olahraga yang melibatkan 42 pesepeda, ribuan donatur, hingga para mitra korporasi dan media yang berkomitmen untuk mendukung pemenuhan hak-hak anak Indonesia.

Penyelenggara membuka dua kategori untuk Bike to Care 2023: Full Course (370KM) dan Half Course (150KM). Pada hari pertama, seluruh pesepeda kategori Full Course dan Half Course akan memulai perjalanan mereka di Mandalika Beach Park, Kuta. Para peserta akan mengayuh sejauh 150KM hingga menuju Gate Finish di Holiday Resort, Senggigi.

Para pesepeda Half Course mencukupi perjuangannya di sini. Sementara para pesepeda kategori Full Course masih harus melanjutkan perjuangannya keesokan hari.

Pada hari kedua, pesepeda Full Course akan kembali mengayuh sepeda mereka sejauh 220KM dari Holiday Resort, Senggigi untuk kembali menuju titik awal di Mandalika Beach Park, Kuta. Selama perjalanan, para pesepeda difasilitasi dengan check point yang memungkinkan mereka bisa beristirahat dan mengisi tenaga mereka.

Ada pula water station setiap 25 kilometer sebagai tempat para pesepeda beroleh asupan air dan makanan ringan untuk mendukung perjuangan mereka hingga ke garis finis.

Baca juga:

Hobi Gowes? Ketahui Isyarat Tangan saat Bersepeda di Jalan Raya

bike to care 2023
Selain merasa senang bisa bersepeda di Lombok Loop, ketiganya juga gembira bisa memberi sumbangsih untuk kehidupan anak-anak. (Foto: SOS Children’s Villages Indonesia)

Karena jaraknya jauh, pesepeda mesti mempersiapkan diri sebelum mengikuti kegiatan ini. Tiga pesepeda yang akan berpartisipasi dalam Bike to Care 2023, Agnes Yuliavitriani, Chaidir Akbar, dan Angel Cahyadi, telah mempersiapkan segalanya untuk Lombok Loop ini.

Mereka mengaku sudah siap menyambut Lombok Loop. Antusiasme mereka cukup tinggi. "Menurut saya baru pertama ada event Lombok Loop. Biasanya orang loop-loopan di Bali atau di tempat lain. Ini di Lombok untuk pertama dan saya sangat excited sekali dan pengen mencobanya," kata Chaidir yang juga atlet Triathlon.

Selain merasa senang bisa bersepeda di Lombok Loop, ketiganya juga gembira bisa memberi sumbangsih untuk kehidupan anak-anak. Mereka semua juga orangtua sehingga mengerti betul apa artinya keluarga bagi anak-anak.

Ketiganya percaya pengasuhan yang berkualitas dalam tumbuh kembang anak-anak akan menghadirkan kehidupan dan masa depan yang cerah bagi anak-anak. Berlandas kepercayaan itulah, mereka ambil bagian dalam Bike to Care dan ikut mempromosikan Bike to Care agar menarik lebih banyak orang.

Tidak hanya berpartisipasi sebagai pesepeda, siapa pun bisa menjadi #PejuangAnak dengan menunjukkan dukungan melalui: biketocare.com/donasi. Selain itu donasi juga bisa dilakukan melalui platform Ayobantu di ayobantu.com/campaign/biketocare dan melalui platform Kitabisa di kitabisa.com/biketocare.

"Setiap orang mampu berbuat baik kapan pun dan dimana pun. Sekecil apapun bantuan yang diberikan akan menjadi arti besar bagi pemenuhan kebutuhan masa depan anak-anak," tutur Greg. (dru)

Baca juga:

Cara Biar Sok-Sokan Jago Gowes Padahal Lagi Mager

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pentingnya Peran Orangtua Cegah Anak Terjerumus ke Narkoba
Fun
Pentingnya Peran Orangtua Cegah Anak Terjerumus ke Narkoba

Orangtua punya peran besar cegah anak terjerumus ke narkoba.

SEA Today Run 2022 Sukses jadi Ajang 'Recharge' Kebugaran di Akhir Tahun
Fun
SEA Today Run 2022 Sukses jadi Ajang 'Recharge' Kebugaran di Akhir Tahun

Sukses digelar dengan diikuti ribuan peserta.

Menangis Bersama 'Miracle In Cell No. 7'
ShowBiz
Menangis Bersama 'Miracle In Cell No. 7'

'Miracle In Cell No. 7' tayang 8 September 2022.

Bersyukur Bisa Membuat Diri Lebih Bahagia
Fun
Bersyukur Bisa Membuat Diri Lebih Bahagia

Syukuri apa yang kamu punya agar memiliki kehidupan yang bahagia.

Menuju Kemasan Karton yang Berkelanjutan
Fun
Menuju Kemasan Karton yang Berkelanjutan

Ada banyak tipe kemasan karton, tapi tidak semuanya berkelanjutan atau sustainable.

31 Peserta Bersaing Sengit di Indonesia Barista Championship 2022 
Kuliner
Harley-Davidson Hentikan Perakitan Sepeda Motornya
Fun
Harley-Davidson Hentikan Perakitan Sepeda Motornya

Harley-Davidson mengatakan pemasok pihak ketika memiliki masalah kepatuhan peraturan dengan komponen.

Honda Janji Type R akan Tetap Ada di Era Listrik
Fun
Honda Janji Type R akan Tetap Ada di Era Listrik

Honda tak ingin terlalu mengikuti tren mobil listrik.

IDEAL Memungkinkan Pengajuan KPR ke Tiga Bank
KPR
IDEAL Memungkinkan Pengajuan KPR ke Tiga Bank

Memungkinkan pengguna mendapatkan pilihan produk KPR terbaik sesuai dengan kondisi finansial mereka.

'Kiss Sixth Sense' Segera Tayang di Disney+ Hotstar
Fun
'Kiss Sixth Sense' Segera Tayang di Disney+ Hotstar

Disney+ Hotstar, 'Kiss Sixth Sense' diangkat dari sebuah novel online dengan judul yang sama, dengan tokoh utama Hong Ye-sul yang sangat ambisius