Bike To Care 2023 Kumpulkan 578 Juta Rupiah untuk Anak-Anak Indonesia

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 08 Maret 2023
Bike To Care 2023 Kumpulkan 578 Juta Rupiah untuk Anak-Anak Indonesia
Mereka tak cuma mengayuh, tapi juga punya misi sosial berupa penggalangan dana untuk memenuhi hak-hak dasar anak. (Foto: SOS Children's Villages)

LIMA puluh tiga pesepeda ambil bagian dalam Bike to Care 2023 di Lombok pada 4-5 Februari lalu. Mereka berhasil mengayuh sepeda sejauh 370 kilometer dengan rute yang mengelilingi pulau Lombok.

Sepanjang perjalanan, terdapat berbagai tantangan rute dan cuaca. Mereka tak cuma mengayuh, tapi juga punya misi sosial berupa penggalangan dana untuk memenuhi hak-hak dasar anak demi generasi cemerlang penerus bangsa.

Hak-hak dasar anak yang wajib dipenuhi antara lain hak kelangsungan hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan dan hak berpartisipasi. Tiap anak membutuhan setidaknya Rp 6.000.000 per tahun untuk memenuhi hak-hak dasar mereka.

Beberapa pesepeda yang berpartisipasi antara lain Soraya Larasati, Dony Amaldi, Natascha Ule, Chaidir Akbar, Dani Chika, dan Ayu Octavia. Lebih dari belasan komunitas sepeda dalam negeri juga turut berkontribusi sebagai peserta. Bersama para pejuang anak lainnya, mereka antusias mengayuh mengelilingi Lombok.

“Saya mewakili SOS Children’s Villages sangat bangga dan berterima kasih kepada para pesepeda, donatur, dan mitra, baik korporasi dan media yang telah memberikan dukungannya sehingga kami berhasil menggelar acara olahraga amal, Bike To Care 2023.” ujar Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages di Indonesia, kepada Merahputih.com melalui keterangan tertulis (6/3).

Bike to Care adalah salah satu gerakan sosial yang diselenggarakan oleh SOS Children’s Villages Indonesia. Tujuannya meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap hak-hak anak melalui olahraga sepeda.

Baca juga:

Bike to Care 2023 Lombok Loop, Gowes untuk Masa Depan Anak-Anak Indonesia

bike to care 2023
Bike to Care adalah salah satu gerakan sosial yang diselenggarakan oleh SOS Children’s Villages Indonesia. (Foto: SOS Children’s Villages Indonesia)

Serupa acara tahun-tahun sebelumnya di Bali dan Sumatra Utara, Bike to Care mempromosikan bersepeda jarak jauh (ultra-distance cycling) dengan tagline #MengayuhUntukAnak

Misi tahun ini adalah memenuhi hak-hak dasar anak Indonesia, khususnya mereka yang telah kehilangan ataupun berisiko kehilangan pengasuhan orang tua melalui program kerja SOS Children’s Villages Indonesia.

Bike to Care 2023 terbagi atas dua etape. Pada hari pertama, para pesepeda memulai dari Novotel Resorts, Kuta Mandalika, lalu melintasi Selolong Belanak, Mekaki Hill, Sekotong, Sekotong Barat, hingga titik finish hari pertama di Holiday Resorts, Senggigi. Total jaraknya sejauh 145 kilometer.

Hari kedua, para pesepeda kembali melanjutkan perjuangan mereka dari Holiday Resorts menuju Pantai Beraringan, Bayan, Sambelia, Pringgabaya, kemudian finish di lokasi yang sama dengan titik mula hari pertama di Novotel Resorts. Total jarak hari kedua mencapai 225 kilometer.

Bike To Care 2023 terbuka bagi semua pesepeda, tapi denfan mempertimbangkan kemampuan pesepeda. Ada tiga kategori peleton dengan kecepatan yang berbeda. Peleton pertama dengan kecepatan 31-35 km/jam, lalu peleton kedua dengan kecepatan 26-30 km/jam, dan terakhir peleton ketiga dengan kecepatan 20-25 km/jam.

Peleton pertama dipimpin oleh tiga orang road captain, peleton kedua oleh dua orang road captain, dan peleton ketiga dipimpin oleh tiga orang road captain. Mereka bertugas memimpin para peleton dalam menjaga kecepatan dan mengoordinasikan formasi bersepeda agar selamat hingga tiba di tujuan akhir.

Baca juga:

Lari Sambil Berdonasi Membangun Sekolah Berkebutuhan Khusus di Kendal

bike to care 2023
Lombok Loop memiliki rute yang berkelok dengan elevasi tinggi. (Foto: SOS Children’s Villages Indonesia)

Lombok Loop memiliki rute yang berkelok dengan elevasi tinggi. Cuaca pun turut menjadi salah satu tantangan terberat bagi para pesepeda dalam melakukan misi mereka.

Sepanjang perjalanan, cuaca mendung dan cenderung gerimis. Saat mendekati finish, cuaca semakin kurang bersahabat. Hujan deras turun disertai angin kencang.

Keselamatan para pesepeda berada dalam risiko tinggi. Namun, untunglah semua pesepeda selamat hingga titik finish. Mereka melewati segala rintangan demi mengantarkan donasi dari para donatur kepada anak-anak yang berada dalam asuhan SOS Children’s Villages Indonesia.

Penggalangan dana Bike to Care berakhir pada 19 Februari 2023. Hingga hari terakhir, total donasi terkumpul mencapai Rp 578.223.245, dari 3.319 orang baik. Donasi tersebut akan diserahkan secara simbolis oleh para perwakilan pesepeda pada 12 Maret 2023 di SOS Children’s Village Jakarta.

"Dengan berakhirnya acara ini, kami bisa melihat bahwa kepedulian masyarakat akan pemenuhan hak-hak anak Indonesia sangatlah tinggi. Semoga di kemudian hari SOS Children’s Villages bisa terus menyelenggarakan acara amal inspiratif yang bisa mengajak lebih banyak masyarakat Indonesia untuk berbagi demi masa depan anak-anak yang telah kehilangan maupun berisiko kehilangan pengasuhan orang tua,” sebut Gregor.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SOS Children’s Villages di Indonesia, silakan mengunjungi https://www.sos.or.id/dukungan-anda. (dru)

Baca juga:

Sepak Terjang Gerakan Cerdas Berdonasi

#Donasi #Bersepeda #Sepeda
Bagikan
Bagikan