Bijaksana, Begini Cara Billie Eillish Hindari Pelecehan Seksual Alasan Billie Eilish kenakan pakaian longgar (Sumber: GRAMMY)

BILLIE Eiilish pertama kali terjun ke dunia musik saat ia baru menginjak 14 tahun. Dirinya menjadi pusat perhatian setelah mengunggah lagu Ocean Eyes versinya ke Soundcloud. Meskipun masih belia, ia sudah memikirkan cara untuk menghindari pelecehan seksual yang dilontarkan publik.

Caranya yakni dengan selalu mengenakan pakaian yang longgar. "Saya senang memakai pakaian berlapis-lapis dan ingin terlihat misterius. Ini semacam tidak memberi kesempatan pada siapapun untuk menilai seperti apa tubuhmu terlihat," tuturnya.

Billie Eilish
Billie Eilish menggunakan baju berlapis-lapis (Sumber: Red Bull)

"Orang-orang takkan bisa mengatakan 'dia memiliki pantat yang besar', 'dia memiliki pantat kecil', 'dia memiliki payudara besar' atau 'dia memiliki payudara kecil'. Tak ada yang bisa mengatakan itu karena mereka tak bisa melihat apa yang ada di balik pakaianku," urainya. Pilihan busananya untuk menghindari objektifikasi atas tubuh perempuan menjadi perbincangan di media sosial. Mereka mendukung alasan Billie di balik pilihan pakaiannya.

BACA JUGA:

Mengenal Billie Eilish Penyanyi Belia Nyentrik Asal Amerika

"Fakta bahwa Billie Eilish mengenakan pakaian yang longgar agar tidak ada yang bisa membuat asumsi, menghakimi atau mempermalukan bentuk tubuhnya membuat saya semakin mencintainya sebagai seorang seniman dan sebagai pribadi," tutur seorang pengemar.

Sementara penggemar lainnya melihat bahwa cara berpakaian Billie Eilish merefleksikan potret masyarakat masa kini yang begitu mudah menjadikan tubuh perempuan sebagai objek. Gaya berbusana ala Billie Eilish pun secara cepat menginspirasi perempuan muda. Banyak remaja putri yang memutuskan untuk berpakaian longgar seperti dirinya.

Bille Eilish
Billie Eilish dan baju longgar (Sumber: The Cheat Sheet)

Dalam sebuah wawancara di acara Calvin Klein, ia menuturkan senang jika bisa menginspirasi perempuan lain untuk berpakaian tomboi ala dirinya untuk menghindari pelecehan seksual. "Aku sangat senang bisa menginspirasi perempuan muda lainnya untuk berpakaian tomboi sehingga mereka tidak dipandang sebagai seorang pelacur," jelasnya.

BACA JUGA:

Selebritas Yang Ngefan Billie Eillish

Billie Eilish
Billie Eilish dan baju berlapis-lapis (Sumber: The Pukkelpop 2019)

Walaupun cara berpakaiannya begitu menginspirasi, dirinya mengaku tak ingin gaya berbusananya tersebut memberi jalan bagi siapapun untuk mempermalukan perempuan lain yang memilih untuk memakai pakaian yang lebih terbuka. "Aku tak ingin orang-orang membandingkan cara berpakaianku dengan perempuan lain yang lebih terbuka dan mempermalukan mereka," jelasnya.

BACA JUGA:

Merchandise Spesial ala Billie Eilish

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH