Bijak, Kunci Melancong Sesuai Bujet Bareng Teman Melancong dengan teman yang budgetnya terbatas tetap lancar (Foto: Unsplash/Duy Pham)

MELANCONG dengan teman menjadi pilihan tepat untuk mengusir stress. Selain menikmati keindahan tempat wisata, kamu bisa sekalian bercengkrama dengan teman, yang biasanya tidak sempat dilakukan di hari kerja. Namun, melancong bareng teman bisa menimbulkan konflik kecil, terutama jika budget melancong teman kamu terbatas.

Jangan sampai acara melancong bareng teman gagal gara-gara masalah uang. Melalui saran dari blogger, laman Huffpost membagikan tips agar melancong bareng teman dengan budget terbatas tetap lancar. Kuncinya ialah bersikap bijak dengan melakukan beberapa hal ini.

Baca juga:

Ivy Batuta Bagi-Bagi Tips Melancong dengan Anak, Ternyata Suka Bawa Rice Cooker Sendiri

1. Diskusikan anggaran yang dimiliki sebelum berangkat

Diskusi Anggaran Sebelum Berangkat
Jangan sampai ada pengeluaran di luar anggaran (Foto: Unsplash/Joseph Pearson)

Komunikasi memang sangat penting. Sebelum berangkat diskusikan dulu anggaran yang kalian punya. Buat rincian biaya yang kira-kira akan kalian keluarkan. Tentukan juga tujuan kalian terlebih dulu. Sehingga tidak ada pengeluaran di luar anggaran nantinya. Jadi, teman kamu yang anggarannya terbatas tidak akan kaget.

"Melakukan percakapan lebih awal akan mengurangi kemungkinan argumen dan ketidaknyamanan emosional dalam perjalanan sambil juga mengatur perjalanan Anda untuk sukses," ujar Pembawa acara TV dan blogger perjalanan di Roamaroo, Collette Stohler.

2. Manfaatkan kegiatan gratis

Manfaat Kegiatan Gratis
Maksimalkan tur gratisan (Foto: Unsplash/Ben Duchac)

Rencanakan untuk mengikuti kegiatan gratis di tempat wisata nanti. Biasanya ada tur gratisan yang terbuka untuk umum. Maksimalkan kesempatan itu untuk menghemat biaya temanmu. Selain itu, jadikan transportasi umum sebagai kendaraan operasional di tempat wisata kalian ketimbang taksi. "Rencanakan beberapa kegiatan yang murah atau gratis," saran Ahli strategi pengembangan pariwisata, Audrey Scott.

Baca juga:

Jangan Galau, Obati Patah Hati dengan Traveling

3. Jadwalkan waktu luang

Jadwal Waktu Luang
Beri waktu luang untuk dia (Foto: Unsplash/Raghu Nayyar)

Ingat, kamu tidak melancong sendirian, sehingga tidak membuat kamu bebas beraktivitas. Oleh karena itu, jadwalkan waktu luang untuk dirimu sendiri dan temanmu. Biarkan temanmu melakukan aktivitas yang ia sukai di waktu luang ini. Misalnya berbelanja dengan budgetnya sendiri.

Waktu luang ini bisa kamu jadwalkan menjelang kalian kembali ke tempat penginapan. Karena kalau tidak ada waktu luang, agenda traveling kalian akan menjadi membosankan. "Seluruh perjalanan Anda akan berakhir dengan terburu-buru alih-alih menjadi liburan yang menginspirasi dan santai," ungkap Travel blogger di Bel Around The World, Isabel Leong,

Jadi bagaimana sahabat Merah Putih, kapan rencana kalian melancong bareng teman? (ikh)

Baca juga:

Begini Cara Cari Teman Saat Traveling Sendirian

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH