Bijak Konsumsi Obat Tidur, Perhatikan Efeknya Bijaklah mengonsumsi obat tidur. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

OBAT tidur mungkin jadi solusi bagi mereka yang tidak bisa mendapatkan tidur berkualitas. Obat tidur yang dijual pasaran kebanyakan termaksud ke dalam kelompok hipnotik sedatif. Yang merupakan obat-obatan yang dapat membuat kantuk dan menjaga kamu agar tetap tidur. Nah, obat jenis ini yang termaksud dalam golongan barbiturates, benzodiaxepines, dan sebagainya, yang juga dapat digunakaan untuk mengatasi masalah kecemasan berlebih.

Untuk pemakaian jangka pendek, mengkonsumsi obat tidur ini efektif untuk mengatasi kesulitan tidur. Tapi seperti pemakaian obat-obat lainnya, obat tidur memiliki efek samping. Terutama buat kamu yang tidak mengkonsumsinya secara bijak. Laman Go Dok mengungkapkan dampak obat tidur.

1. Perubahan nafsu makan

makan
Berubahnya nafsu makan bertambah atau berkurang. (Foto: Pexels/bruce mars)


Efek samping yang pertama adalah berubahnya nafsu makan. Bisa saja nafsu makan kamu menjadi bertambah atau mungkin menurun.


2. Sakit kepala

cewek
Jika muncul sakit kepala lebih baik dihentikan. (Foto: Healthline)

Efek samping dari obat tidur adalah munculnya rasa sakit kepada kepala. Jika kamu mengalami sakit kepala sesaat atau ketika kamu telah mengkonsumsi obat tidur, maka segeralah hentikan secara sementara pemakaian obat tidur tersebut.


3. Ketergantungan obat

pria
Jangan sampai menjadi tergantung pada obat tidur. (Foto: Pexels/Gerd Altmann)


Efek ssamping obat tidur lainnya adalah ketergantungan obat. Jika kamu harus terus-menerus mengkonsumsi obat tidur, maka kamu akan kesulitan untuk berhenti. Sebab, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jka kamu berhenti memakai obat tidur, maka insomnia yang akan kamu alami bertambah parah. Oleh karena itu kamu akan terpaksa untuk bergantung pada obat tidur guna mengatasi insomnia kamu.

4. Masalah pencernaan

sakit perut
Perut akan mengalami berbagai gangguan. (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

Hati-hati! ternyata penggunaan obat tidur yang berlebihan bisa saja menyebabkan kamu mengalami gangguan pencernaan lho. Seperti diare, mual, serta timbulnya rasa sakit pada perut. Tidak hanya itu saja, obat tidur dapat juga menimbulkan rasa kembung dan buang angin berlebihan lho. (gsl)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH