Big Wind, Mobil Pemadam Kebakaran Terkuat di Dunia

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 21 Juni 2021
Big Wind, Mobil Pemadam Kebakaran Terkuat di Dunia
Big Wind, mobil pemadam kebakaran terkuat yang pernah dibuat (Foto: odditycentral)

APA yang kamu pikirkan saat tank soviet digabungkan dengan dua mesin jet soviet dan air yang banyak? Jawabannya yaitu Big Wind.

Big Wind merupakan mobil pemadam kebakaran yang mampu menghentikan kebakaran sumur minyak yang besar.

Baca Juga:

Mobil Legendaris Eks Michael Schumacher Dijual dengan Harga Fantastis

Pada bulan Februari 1991 lalu, menjelang akhir Perang Teluk, tentara Irak yang mundur membakar lebih dari 700 sumur minyak Kuwait, hingga menciptakan gurun menjadi lanskap yang hampir apokaliptik.

Seperti yang dilansir dari laman odditycentral, sekitar 6 juta barel minyak dibakar setiap hari selama 30 minggu. Hal itu menyebabkan api setinggi 300 kaki ke udara dan menutup langit dengan asap hitam tebal.

Big Wind ampuh dalam memadamkan kebakaran besar (foto: facebook/emiliano sanchez cinos)

Api mencapai suhu 2000 derajat Fahrenheit, dan bahkan udara di sekitarnya mencapat 650 derajat Fahrenheit yang tak tertahankan. Bahkan bila ada yang berhasil mendekat untuk memadamkan api hampir mustahil. Karena itu, Big Wind dibangun untuk mengatasi kebakaran dahsyat tersebut.

Terinspirasi dari ide Rusia, Big Wind terdiri dari tank Soviet T-34 yang berasal dari Perang Dunia 2, dengan menara meriamnya digantikan oleh dua mesin pesawat tempur MiG-21 serta enam nozel air.

Mobil pemadam kebakaran ini mungkin terlihat seperti sebuah mobil yang ada dalam film fiksi ilmiah, terlebih saat mesinnya dihidupkan.

Menurut Car and Driver, Soviet telah berhasil memadamkan kebakaran sumur gas dan minyak, kemudian membersihkan lapangan terbang dari salju dengan menggunakan satu mesin jet MiG-15 yang dibaut ke bak truk besar.

Baca Juga:

Mengenal Land Rover TD5 130, Mobil Pembawa Jenazah Pangeran Philip

Terinspirasi ide tersebut, perusahaan Hungaria MB Drilling, mengembangkan versi barunya yang menggunakan dua mesin jet kuat, yang diikat pada bagian atas yang lebih kokoh, dan sebuah tangki. Mobil itu diberi nama Big Wind.

Mobil pemadam kebakaran yang terlihat mengesankan tersebut, seharusnya memadamkan kebakaran sumur minyak di Hungaria. Namun, pada awal 1991 dia diterbangkan ke Kuwait, untuk membantu memadamkan kebakaran yang menghancurkan. Kemudian mobil tersebut berhasil melakukan misi pemadaman kebakaran itu.

Terlihat dari tampilannya, Big Wind bukan sekadar mobil pemadam kebakaran biasa. Mobil ini tak hanya bisa digunakan dalam kebakaran rumah tua, tapi kebakaran yang lebih besar dar berbahaya daripada itu.

Hal itu lantaran dua mesin jetnya bisa menghasilkan daya dorong sebesar 27.000 pon, menghembuskan 4591 kaki kubik udara dengan kecepatan sekitar 770 mph. Kecepatan tersebut cukup untuk menghancurkan jendela, pintu, bahkan dinding rumah. (Ryn)

#Mobil #Pemadam Kebakaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan