Biden dan PM Jepang Sudah di Bali

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 14 November 2022
Biden dan PM Jepang Sudah di Bali
Presiden Amerika Serikat Joe Biden (tengah) tiba di terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu (13/11/2022). ( ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Galih Pradipta/nym)

MeahPutih.com - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida beserta istri Yuko Kishida tiba di Bali Senin dini hari sekitar pukul 00.30 WITA, untuk menghadiri KTT G20 Indonesia.

Kishida tiba setelah sejumlah pemimpin G20 lain tiba lebih dulu di Bali, di antaranya Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Baca Juga:

Polisi Berseragam Batik dalam Penjagaan Hotel Delegasi KTT G20

Sedikitnya 17 kepala negara G20 telah mengonfirmasi kehadirannya secara langsung di KTT G20 Indonesia.

Kedatangan kepala negara/delegasi dan tamu undangan lain, akan berlangsung hingga tanggal 15 November 2022, sehari sebelum puncak KTT G20 16 November 2022.

Direktur Jenderal Informasi & Komunikasi Publik Usman Kansong mengatakan gelombang kedatangan delegasi akan terus berlangsung hingga Senin (14/11).

"Kami sudah siap untuk menyambut. Demikian juga pengamanan dan pengawalan. Indonesia berupaya menjadi tuan rumah yang baik bagi semua tamu negara yang hadir dalam KTT G20," kata Usman.

Beberapa tamu negara dan kepala lembaga dunia yang hadir di antaranya Chairman World Economic Forum Prof Klaus Martin Schwab, Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Dr. Muhammad Sulaiman Al Jasser, Director General International Labour Organization Gilbert F. Houngbo, Menteri Luar Negeri Mexico Marcelo Ebrard Casaubon, serta Menteri Urusan Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Sehari sebelumnya, Presiden The Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa, juga tiba pada Sabtu (12/11) pukul 23.45 WITA.

Kehadiran 17 pemimpin G-20 (termasuk Indonesia) ditambah 9 dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 Organisasi Internasional merupakan tingkat kehadiran yang sangat tinggi.

Kementerian Luar Negeri telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Rusia di Jakarta yang menyampaikan bahwa Presiden Putin tidak dapat hadir di Bali (in person). Sebagai gantinya, Menlu S Lavrov yang akan hadir secara in person. (*)

Baca Juga:

Jamu Delegasi KTT G20, GWK Tutup Sementara

#Breaking #G20 #KTT G20
Bagikan
Bagikan