Biden Bakal Kumpulkan Sekutu Lawan Tiongkok

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 17 November 2020
Biden Bakal Kumpulkan Sekutu Lawan Tiongkok
Biden dan Kemala. (Foto: VOA).

MerahPutih.com - Amerika Serikat bakal melakukan pertemuan dengan para sekutu untuk menetapkan aturan perdagangan global melawan pengaruh China atau Tiongkok yang terus tumbuh dan menguat. China telah mendatangani Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional 15 negara yang berfokus pada Asia.

Sementara ini, Biden menolak untuk mengatakan apakah akan bergabung dengan pakta perdagangan Asia baru yang didukung China tersebut. Pada konferensi pers di Wilmington, Delaware, Amerika Serikat, dia belum dapat membahas kebijakan perdagangan AS karena dia belum menjabat.

Sebelumnya, Penandatanganan kemitraan dagang pada pertemuan puncak regional di Hanoi, Vietnam, menciptakan perjanjian perdagangan terbesar di dunia, yang mencakup 30 persen ekonomi global dan 30 persen populasi global. Bergabung dalam perjanjian tersebut negara dengan ekomomi kuat di Asia adalah China, Jepang dan Korea Selatan.

Baca Juga:

Hamas Minta Biden Batalkan Kebijakan Trump di Palestina

Perjanjian Hanoi ini, dinilai menandai kemunduran lain untuk pengaruh AS di kawasan Asia setelah Presiden Donald Trump pada 2017 keluar dari pakta perdagangan Kemitraan Trans-Pasifik (TPP) 12 negara, yang dinegosiasikan saat Biden menjadi wakil presiden.

Dikutip Antara, Biden mengatakan, telah memiliki rencana perdagangan terperinci yang akan dia diskusikan pada 21 Januari 2021, sehari setelah dia akan dilantik dengan tetap mengedepankan tenaga kerja Amerika dan lingkungan terwakili dalam setiap negosiasi perdagangan baru.

Biden diyakini memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat, mengalahkan petahana Donald Trump dengan kemenangan telak secara elektoral maupun jumlah suara pemilih. Walaupun saat ini, Trump belum menerima kemenangan Biden dan mengajukan gugatan hukum.

Baca Juga

Biden Jadi Presiden Tertua dan Harris Jadi Wakil Presiden Perempuan Pertama AS

#Perang Dagang #Joe Biden #Amerika Serikat
Bagikan
Bagikan