Bibir Kering saat Puasa? Begini Jurus Menghalaunya Bibir kering? Ada cara menghalaunya. (Foto: Pixabay/AdinaVoicu)

PUASA tinggal beberapa hari lagi. Jelang Idul Fitri tentu kegiatan silaturahmi semakin banyak. Terutama silaturahmi dengan keluarga saat mudik.

Nah, bagi kamu yang ingin tetap tampil paripurna saat silaturahmi, tentu harus menjaga penampilan. Salah satu efek puasa adalah bibir kering. Cukup mengganggu. Apalagi kalau sampai ada yang terkelupas.

Namun jangan panik. Merahputih.com menyuguhkan tips merawat bibir selama Ramadan, seperti dilansir iStyle.

Perempuan dengan lipstik. (Pixabay/ 6335159)
Perempuan berlipstik. (Foto: Pixabay/6335159)

1. Scrub Bibir

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah memang dari kurangnya asupan air pada tubuh, tapi penumpukan kulit mati pada bibir juga bisa membuat bibir kamu terlihat kering. Kamu bisa rutin menggunakan scrub setelah seharian menggunakan lipstik, merek scrub bibir bisa dipilih sesuai dengan kesukaan dan kecocokan.

Cara yang tepat scrub bibir agar tidak kering adalah aplikasikan produk di seluruh bibir. Tunggu produk hingga meresap secara sempurna lalu pijat dengan halus. Pijatan halus pada area bibir membuat bibir terhindar dari luka. Lakukan scrub pada bibir minimal dua hari sekali setelah menghapus lipstik. Jadikan scrub bibir ini menjadi urutan skincare malam sehingga kamu akan mendapatkan bibir yang lembab dan merah alami.

2. Masker Bibir

Setelah scrubbing your lips, baiknya kembalikan kelembapan bibir secara maksimal agar keesokan harinya bibir terasa lebih lembut. Apakah kamu pernah mendengar istilah sleeping mask? Skincare Korea yang sekarang sedang naik daun ini ada versi untuk perawatan bibirnya. Gunakan masker bibir sebelum kamu tidur di malam hari ya. Kamu juga bisa mengganti masker bibir dengan lip balm.

Lalu bagaimana cara memasker bibir? Setelah membersihkan lipstik dan scrubbing bibir, kamu bisa aplikasikan lip butter atau lotion paw paw pada area bibir. Diamkan semalaman dan pagi harinya bisa merasakan perbedaannya. Merawat dengan cara seperti ini akan membuat bibir lembab seharian dan membuat lipstick menjadi tahan lebih lama.

Berempuan mengenakan lipstik. (Pixabay/ kaboompics)
Perempuan sedang mengenakan lipstik. (Foto: Pixabay/kaboompics)

3. Aplikasikan Lip Gloss

Lelah dengan lip matte? Lip gloss bisa menjadi solusi terbaik agar bibir tetap sehat selagi berpuasa. Selain membuat tampilan terlihat lebih segar, lip gloss juga bisa menjaga kelembapan bibirmu.

Tidak percaya diri saat menggunakan lipgloss? Kamu bisa menggunakan lipstik berwarna natural lalu gunakan lip gloss pada area bibir tengah saja seperti ala korean make-up, dengan teknik ini akan membuat ilusi bibir terlihat full dan segar. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Pilih Pomade, Wax, atau Gel? Semuanya Untuk Gaya Pria Kekinian

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH