Bibir Kering saat Berpuasa? Ini Tips untuk Mencegahnya Ilsutrasi bibir (Foto: pixabay/adinavoicu)

BERPUASA bukan berarti tidak menjaga penampilan ya. Meskipun lapar dan haus, sebisa mungkin kamu tetap terlihat segar dan rapi. Masalahnya, berpuasa di tengah cuaca terik seperti di Indonesia ini pastilah mudah membuat bibir jadi kering, bahkan hingga pecah-pecah. Pastinya itu bikin nilai minus di penampilan kamu.

Seperti dilansir Daily Mail, Cindy Luken, pendiri label lipstik asal Australia, mengatakan ada beberapa hal yang bisa membuat bibir kamu kering. Bibir yang tak punya lapisan minyak seperti bagian kulit lainnya memang mudah kering. Selain itu, kulit bibir juga cenderung lebih tipis sehingga tak ada lapisan atas yang melindungi.

Bibir juga cukup sensitif lantaran nyaris tak memiliki melanin yang membawa warna pada kulit serta melindunginya dari sinar UV. Pada saat bulan puasa, bibir harus menghadapi efek cuaca dan juga pilihan makanan sehingga berubah jadi kering. Biar bibir tetap lembap selama berpuasa, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Jangan Menjilat Bibir

(Foto: pixabay/diritia_Gabries)

Pada saat berpuasa, tentu kamu tak akan makan serta minum hingga waktu berbuka tiba. Hal itu menjadi salah satu faktor yang kerap menggoda orang untuk menjilat bibir ketika merasa kering.

Padahal nih, kebiasaan menjilat bibir yang konstan dapat menimbulkan kerusakan pada area bibir. Maka dari itu, sebaiknya kamu berhenti menjilat bibir.

2. Hati-Hati dalam Memilih Produk

(Foto: pixabay/silviarita)

Untuk menjaga bibir tetap lembap, kamu bisa kok menggunakan produk perawatan bibir siang dan malam. Luken menyarankan untuk menggunakan produk yang natural dan mengandung antialergi, seperti avokad. Selain itu, pilih juga produk dengan kandungan zat antiair atau mampu menghalangi air, seperti bees wax. Hal itu untuk mengunci kelembapan serta mencegah bibir menjadi pecah-pecah.

3. Hindari Stres

(foto: pixabay/thedigitalartist)

Apa hubungan stres dan bibir kering ya? Stress akan menyebabkan napas yang cepat. Itu dapat membuat bibir kamu kering dan sariawan. Untuk itu, Luken menyarankan kamu menggunakan balsem lemon guna mengurangi sariawan ketimbang krim berbahan steroid. Selain itu, untuk mencegah bibir pecah-pecah, kamu juga dapat menggunakan produk bibir yang mengandung minyak sitrus.

4. Tambah Asupan Lemak Esensial

(foto: pixabay/xusenru)

Menurut sebuah riset, orang yang kekurangan asupan lemak esensial kerap mengalami bibir yang kering. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Luken menyarankan kamu untuk mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, minyak ikan, serta avokad.

5. Kurangi Makan Makanan Pedas

(foto: pixabay/englishkeanative)

Bagi kamu yang suka makanan pedas, mulai sekarang kamu harus mulai mengurangi porsi kepedasan. Pasalnya, cabai dapat memicu alergi serta peradangan. Solusi jitu untuk menyiasatinya ialah dengan memilih lipstik yang mengombinasikan pelembap alami dan antiperadangan. Selain makanan pedas, Luke juga menyarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol serta makanan yang asin-asin.

6. Hindari Produk dengan Aroma dan Rasa Sintetis.

(foto: pixabay/matt_sawyer)

Berbagai produk perawatan bibir memang kerap menggoda konsumen untuk membeli. Iming-iming aneka kandungan serta manfaat kerap membuat orang jadi tak teliti saat membeli. Oleh karena itu, Luken tak menganjurkan kamu harus membeli produk yang mengandung aroma serta rasa sintetis. Hal itu dapat menimbulkan deihdrasi dan iritasi. Hati-hatilah dalam membeli. Jangan sampai kamu terjebak pada kandungan petroleum yang melindungi bibir tanpa mengatasi masalah dasar dan melembapkan bibir terlebih dahulu. (Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Berkemas Efektif untuk Liburan, Begini Caranya

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH