Bibir Hitam Padahal Tidak Merokok? Bisa Jadi ini Penyebabnya Bibir hitam tidak hanya disebabkan oleh merokok saja. (Foto: Pixabay/Stock Snap)

KEBANYAKAN orang berasumsi ketika melihat bibir hitam atau berwarna gelap, itu disebabkan karena kebiasaan merokok. Padahal, ada banyak hal yang dapat membuat bibir menjadi hitam. Selain mengurangi penampilan, bibir hitam juga menandakan ada yang salah dengan tubuh seseorang.

Baca juga:

Bibir Pecah Diperparah dengan Hal ini

Walaupun kamu bukan perokok, bibirmu bisa saja menghitam dan gelap akibat kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan. Melansir laman Hellosehat, berikut lima penyebab lain yang menyebabkan bibir menghitam.

1. Bibir kering

Bibir Hitam Padahal Tidak Merokok? Bisa Jadi ini Penyebabnya
Bibir kering berpeluang membuat bibir menghitam. (Foto: Cookist)

Tanpa kamu sadari, bibir kering ternyata menjadi penyebab mengapa bibir jadi menghitam. Bibir mudah sekali kering jika tidak sengaja dilembapkan.

Kulit bibir yang selalu terbuka membuat kelembapannya mudah sekali hilang, apalagi jika di cuaca panas. Bibir yang kering dapat menyebabkan bibir tersebut mengalami pecah-pecah dan berpeluang untuk menggelap secara perlahan.

2. Gaya hidup

Bibir Hitam Padahal Tidak Merokok? Bisa Jadi ini Penyebabnya
Minuman beralkohol juga bisa menyebabkan bibir menghitam. (Foto: Unsplash/Adam Wilson)

Salah satu faktor penyebab bibir menghitam adalah alkohol. Jika kamu sering minum alkohol, ini mungkin jadi jawaban untuk pertanyaanmu.

Zat asam yang terkandung di dalam alkohol bisa menyebabkanmu dehidrasi, meski alkohol adalah carian. Sementara, dampak dari dehidrasi adalah membuat bibir pecah-pecah dan kemudian mengubah bibir menjadi lebih hitam.

3. Sering mengonsumsi kafein

Bibir Hitam Padahal Tidak Merokok? Bisa Jadi ini Penyebabnya
Sebaiknya kurangi konsumsi kafein. (Foto: Unsplash/Tanaphong Toochinda)

Makanan dan minuman berkafein adalah salah satu penyebab bibir hitam. Kafein sebenarnya merupakan zat diuretik yang dapat membuatmu sering buang air kecil.

Terlalu banyak zat tersebut akan mengakibatkan kamu mengalami dehidrasi karena cairan terus keluar melalui urin.

Baca juga:

Bibir Terasa Gatal? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

4. Menggunakan produk kosmetik kedaluwarsa

Bibir Hitam Padahal Tidak Merokok? Bisa Jadi ini Penyebabnya
Menggunakan lipstik yang sudah kedaluwarsa. (Foto: Unsplash/Damir Spanic)

Bagi perempuan, bepergian tampaknya kurang lengkap jika tidak memakai lipstik. Kosmetik yang satu ini ternyata jika digunakan setiap hari justru bisa jadi penyebab bibir hitam.

Beberapa perempuan mungkin tak rela membuang lipstik walaupun sudah kedaluwarsa. Padahal lipstik yang telah melewati batas waktu penggunaannya, tentu sudah tidak layak dan dapat mempengaruhi kesehatan bibir.

5. Anemia

Bibir Hitam Padahal Tidak Merokok? Bisa Jadi ini Penyebabnya
Kemungkinan terakhir, tubuhmu kekurangan sel darah merah. (Foto: The Conversation)

Kekurangan sel darah merah atau anemia bisa menjadi penyebab bibir hitam. Ini dikarenakan tubuhmmu kekurangan hemoglobin, zat yang membawa oksigen dan zat gizi di dalam darah.

Zat tersebut yang memberikan warna merah pada darah, sehingga perubahan warna kulit di beberapa bagian, salah satunya adalah bibir bisa menghitam. (and)

Baca juga:

Bibir Hitam Bisa Dihilangkan Secara Alami



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH