Biaya Perawatan Masjid Sheikh Zayed Rp 1 Miliar Per Bulan, Gibran Tarik Infak

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 28 Juni 2023
Biaya Perawatan Masjid Sheikh Zayed Rp 1 Miliar Per Bulan, Gibran Tarik Infak
Masjid Sheikh Zayed Solo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Masjid Sheikh Zayed Solo mulai menarik infak pada jamaah. Sebelumnya, masjid hadiah dari pangeran UEA untuk Presiden Jokowi ini tidak menerima infak karena biaya perawatan ditanggung semua pemerintah UEA. Untuk biaya perawatan masjid, diketahui mencapai Rp 1 miliar per bulan.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membenarkan Masjid Sheikh Zayed Solo telah resmi menarik infak pada jamaah. Penarikan infak itu bukan berarti bantuan dari UEA dihentikan.

"Ya benar (Masjid Sheikh Zayed Solo) menarik infak," kata Gibran, Rabu (27/6).

Baca Juga:

Ridwan Kamil Salat Idul Adha di Masjid Al Jabbar

Putra sulung Presiden Jokowi ini memastikan bantuan dari pemerintah UEA untuk Masjid Sheikh Zayed Solo masih tetap berjalan. Ia memastikan, Pemkot Solo akan diberikan bantuan dari UEA.

"Bukan dihentikan. Kalau minta bantuan apa pun (pemerintah UEA) akan diberikan, wong itu masjid juga bantuan hibah dari mereka (UEA). Intinya kita ingin mandiri tidak ketergantungan dengan UEA," kata Gibran.

Dia mengatakan, bantuan UEA setidaknya bisa dialihkan di bidang lain seperti rumah sakit dan lainnya. Meskipun demikian, ia mengakui biaya perawatan Masjid Sheikh Zayed Solo mahal.

"Jadi biar bantuan UEA tidak fokus ke masjid saja. Biar masjid mandiri. Perawatan mahal untuk pegawai dan semua. Ini juga salah satu kesiapan serah terima pengelolaan UEA ke Kemenag," pungkasnya.

Baca Juga:

Jemaah Haji Indonesia Diminta Tak Selfie Berlebihan di Masjidil Haram

Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed, Munajat mengatakan biaya operasional masjid hibah Uni Emirat Arab (UEA) sekitar Rp 1 miliar setiap bulan.

Dengan adanya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang baru disahkan, Masjid Raya Sheikh Zayed secara legal sudah bisa menerima dana dari masyarakat untuk membantu biaya operasional.

"Operasional sampai sekarang masih dibantu dari UEA dan juga dari Kementerian Agama. Tapi kebutuhan kita juga banyak terutama untuk pengembangan kegiatan. Dari para sesepuh kita infak juga bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” kata dia. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Ridwan Kamil Ajak UAS Kunjungi Galeri Rasulullah SAW di Masjid Raya Al Jabbar

#Gibran Rakabuming #Kota Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan