Biaya Perawatan JIS Per Tahun Capai Rp 50 Miliar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 28 Juni 2022
Biaya Perawatan JIS Per Tahun Capai Rp 50 Miliar
Jakarta International Stadium (JIS). (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Pembiayaan perawatan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara tidak sedikit. PT Jakarta Propertindo (JakPro) setidaknya membutuhkan dana sebesar Rp 50 miliar tiap tahun untuk perawatan stadion klub Persija Jakarta itu.

Direktur Utama JakPro Widi Amanasto mengatakan, uang puluhan miliar rupiah itu untuk biaya pengamanan, pembenahan, mekanik, hingga listrik.

"Per tahunnya sekitar Rp 50 miliar, itu adalah biaya seperti pemeliharaan operasional. Jadi kalau ada lampu mati, itu harus diganti. Termasuk kepada utilitas, asuransi juga masuk ke situ,” ucap Widi di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa (28/6).

Baca Juga:

JIS Dipastikan untuk Home Base Persija, tapi Hanya Pertandingan Besar

Wibi menjelaskan, untuk mendapatkan uang perawatan ini, pihaknya bakal menyewakan JIS untuk sejumlah kegiatan. Mulai dari penyewaan lapangan untuk pertandingan sepak bola, acara konser musik, pameran, hingga area untuk co-working space.

"Stadion utama dan stadion latih juga secara bisnis kami akan kelola secara khusus bagaimana dia bisa menutup operasional. Termasuk juga untuk menutup biaya sewa-sewa yang lain," papar dia.

Selain itu, kata Wibi, ada sejumlah pengembangan dan target pendapatan yang bisa JakPro dapatkan dari komunitas, pemerintah, maupun vendor.

"Contoh dari community, Persija nanti home base di situ. Sudah ada rekomendasi juga next-nya kami akan MoU dengan Persija, government dalam hal ini Pemprov, financial, dan vendor," paparnya.

Baca Juga:

Dishub DKI Siapkan Skema Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan JIS

Seperti diketahui, Direktur Pengelolaan Aset PT JakPro Gunung Kartiko mengatakan, tak menuntut kemungkinan Jakarta International Stadium (JIS) yang terletak di Jakarta Utara nantinya menjadi home base klub Persija Jakarta saat menjalani musim Liga 1 2022/2023.

JakPro selaku pengelola JIS sudah hampir mencapai kesepakatan dengan Persija dalam membuat momerandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman untuk menggunakan JIS sebagai home base.

"Confirm. Secara prinsip, stadion kita (JIS) bisa untuk home based beberapa (pertandingan) kesebelasan Persija. Untuk MoU jangka panjang, sudah tukar-tukaran draf," ujar Direktur Pengelolaan Aset PT Jakpro Gunung Kartiko di DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/6). (Asp)

Baca Juga:

Puncak HUT Jakarta di JIS Diisi Penampilan Penyanyi Solo hingga Grup Band

#Jakarta International Stadion (JIS)
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan