Biaya Kuliah Kedokteran UI Murah Banget, Bahkan Bisa Gratis!

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 07 Januari 2019
Biaya Kuliah Kedokteran UI Murah Banget, Bahkan Bisa Gratis!
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Foto: http://fk.ui.ac.id

MerahPutih.com - Universitas Indonesia (UI) mengimbau publik jangan takut kuliah di Fakultas Kedokteran kampus mereka hanya karena alasan biaya. Uang kuliah di Faktultas Kedokteran kampus kuning itu diklaim terbilang murah, bahkan bisa tidak membayar atau nol rupiah.

"Jangan ragu untuk memilih UI dan FKUI karena biaya yang murah, bahkan bisa tanpa membayar untuk menjadi dokter dari FKUI. Siapapun bisa menjadi dokter dari universitas 10 terbaik di Asia Tenggara saat ini," kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Ari F Syam di Jakarta, Senin (7/1).

Menurut Ari, untuk kelas reguler Uang Kuliah Tunggal UI termasuk paling murah, termasuk untuk masuk Fakultas Kedokteran. Kata dia sebagaimana dilansir Antara, Uang Kuliah Tunggal (UKT) kelas reguler FKUI terdiri atas beberapa tingkatan sesuai dengan penghasilan orang tua.

Ilustrasi dokter
Ilustrasi Mahasiswa Kedokteran. (pixabay/free-photos)

Bahkan, Ari memastikan orang tua calon mahasiswa bisa minta keringanan untuk biaya kuliah, hingga gratis sekalipun. "Bahkan UKT bisa tidak bayar atau nol rupiah atau UKT1 mulai Rp0-Rp500.000," kata dia.

Ari menambahkan untuk kelas reguler paling mahal atau UKT C hanya membayar Rp15 juta. Jika dibandingkan universitas negeri lain, lanjut dia, umumnya UKT termahal bisa mencapai 50-100 persen lebih mahal dari biaya kuliah termahal di FKUI.

Tak hanya itu, untuk mahasiswa yang tidak mampu, FKUI melalui ILUNI dan Program Orang Tua Asuh serta Perkumpulan Penyantun Kesejahteraan Mahasiswa memberikan beasiswa dalam bentuk bantuan hidup setiap bulan.

"Menjadi dokter di UI saja, lebih murah daripada PTN ternama lainnya, apalagi dibandingkan dengan di FK PTN lain atau FK PTS," tandas Dekan FKUI itu. (*)

#Universitas Indonesia #FKUI
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan