Biasakan Tidur Lebih Awal dengan 5 Cara Ini Tidur lebih awal bisa dilakukan dengan menerapkan kebiasaan.(foto: pixabay/warintr)

MENGUBAH kebiasaan tidur kelewat malam tentulah enggak mudah. Terlebih jika sudah sekian lama kamu selalu tidur lewat tengah malam. Namun, sebenarnya, jika kamu membiasakan tidur awal selama 30 hari penuh, itu pun akan jadi rutinitas. Tak perlu lagi memaksakan diri untuk memejamkan mata sebelum tengah malam.

Nah, agar terbiasa tidur awal, kamu bisa lakukan trik berikut.


1. Menyalakan Suara yang Menenangkan

music
Dengar musik yang menenangkan. (foto: theconversation)


Musik yang lembut dan menenangkan membuat tubuh dan pikiran kamu akan lebih rilex, itulah alasan mengapa jika bayi mendengarkan lagu nina bobo dapat membuat bayi tertidur. Selain itu jika kamu mendengarkan musik yang lembut otak kamu akan mengategorikan suara tersebut bukan sebagai ancaman, sehingga kamu akan lebih mudah tertidur.

2. Lakukan Lebih Banyak Aktivitas di Siang Hari

bike
Lakukan olahraga atau lebih banyak aktivitas di siang hari. (foto: pexels/dorothycastello)


Cara ini lebih mudah. Di siang hari kamu dapat melakukan kegiatan fisik yang dapat membuat tubuhmu sedikit letih. Cobalah untuk melakukan kegiatan fisik di siang hari atau kalian juga bisa melakukan kegiatan fisik setidaknya tiga jam sebelum kamu tidur seperti biasanya.

3. Bayangkan Sesuatu yang Santai

relax
Bayangkan sesutau yang membuat kamu santai. (foto: pixabay)


Coba kamu bayangkan ketika kamusedang duduk di bawah pohon kelapa di pinggir pantai dengan hembusan angin yang menyejukkan. Bayangan seperti itu akan membuat kamu dapat tertidur dengan mudah. Berbeda kalau kamu membayangkan kekhawatiran dengan apa yang sudah terjadi di hari itu. Jika kamu membayangkan sesuatu yang membuat kamu nyaman, itu dapat membantu kamu untuk menyingkirkan pikiran negatif yang ada di kepalamu. Hal itu akan membantu kamu untuk rileks dan dengan mudah untuk tertidur.


4. Baca Buku sebelum Tidur

reading book
Bacalah buku sebelum tidur. (foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Cobalah untuk membawa satu buku ke tempat tidur kamu ketimbang gadget yang mengandung cahaya biru. Membaca merupakan salah satu aktivitas yang paling membuat kamu rileks. Jika kamu membaca buku sebelum beranjak tidur. Membaca dapat meningkatkan kualitas tidurmu jadi lebih baik.


5. Cobalah Gunakan Aroma Terapi

aroma terapi
Pilih aroma melati atau lavender. (foto: pexels/mareefe)

Untuk meningkatkan tidur yang lebih nyenyak cobalah untuk menggunakan minyak esensial atau biasa disebut dengan aroma terapi. Aroma terapi menyebarkan wangi-wangian yang dapat membuat tubuhmu lebih rileks dan membuat pikiranmu segera tidur. Biasanya wangi aroma terapi yang sering digunakan untuk mengatasi masalah tidur adalah lavender dan melati.(ape)



Dwi Astarini