Biasakan Anak Pakai Masker, ini Tipsnya Mengajak anak untuk disiplin menggunakan masker. (Pixabay)

MEMBIASAKAN anak memakai masker bukanlah hal mudah. Rasa tak nyaman jadi salah satu alasan. Belum lagi kebiasaan anak aktif ke sana ke mari.

Memang, jika dibandingkan orang dewasa, anak-anak lebih susah untuk menerapkan protokol kesehatan. Hal itulah yang membuat para orangtua khawatir bila anak kembali masuk sekolah. Dilansir HuffPost, ada beberapa tips yang bisa diterapkan orangtua agar anak-anak lebih betah menggunakan masker selama pandemi ini.

BACA JUGA:

Bersiap untuk New Normal, ini Cara Membiasakan Anak Memakai Masker


1. Jadikan diri sebagai role model

masker
Beri contoh pakai masker saat diajak ke tempat yang ramai. (foto: pixabay/mircealancu)

Orangtua harusnya dapat menjadi panutan untuk anak-anak. Demikian pula untuk masa pandemi ini. Berikan contoh mengenakan masker ketika kamu dan kelurga bepergian bersama. Secara tidak langsung, anak-anak akan melihat apa yang dipakai orangtua mereka dan memahami pentingnya menggunakan masker di luar rumah. Hal sebaliknya juga akan terjadi apabila orangtua tidak disiplin menggunakan masker. Anak juga akan malas dan tidak peduli.


2. Pilih masker sesuai keinginan anak

masker
Memilih motif masker sesuai keinginan anak. (Foto:Pixabay)



Ketika kamu akan membeli masker, baik di toko ataupun melalui e-commerce, pastikan ajak anak-anak memilih maskernya. Saat ini sudah banyak dijual masker untuk anak-anak dengan beragam motif lucu untuk anak. Bebaskan anak memilih motif pada masker yang mereka inginkan.

Hal itu menjadi salah satu solusi agar anak-anak merasa masker tersebut merupakan sesuatu yang sudah mereka pilih. Meskipun anak-anak boleh memilih masker, pastikan juga bahan masker tersebut nyaman untuk dipakai anak-anak, seperti tidak menjadikan mereka sulit bernapas atau tidak terlalu ketat agar tidak menyakiti telinganya.


3. Berikan penjelasan

masker
Jelaskan bahwa menggunakan masker untuk menjaga diri dari virus. (Foto: pixabay/Kaboompics)

Selain mencontohkan, orangtua juga harus memberikan pahaman kepada anak-anak mengapa memakai masker penting. Tidak cukup hanya menjadi contoh atau membebaskan mereka memilih motif. Namun, berikan penjelasan kepada anak bahwa pada dasarnya mereka menggunakan masker agar tetap aman dan menghindari diri dari virus jahat. Berikan penjelasan dengan perbandingan yang mudah dipahami dan cara-cara lain untuk menjaga diri dari virus-virus di luar.(ren)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH