Kesehatan

Biar Tidur Nyenyak Malam ini, Jauhi Kopi sejak Sore

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 30 September 2018
Biar Tidur Nyenyak Malam ini, Jauhi Kopi sejak Sore
Pukul 14.00 ialah batas akhir minum kopi. (foto: pixabay/geralt)

NGOPI cantik di sore hari memang terdengar nikmat. Secangkir kopi hangat ditemani camilan kesukaan dan kawan ngobrol bisa jadi kegiatan yang amat kamu nikmati di akhir hari. Namun, tahukah kamu, ngopi di sore hari berpotensi mengganggu jadwal tidurmu lo.

Hal itu amat terkait dengan kandungan kafein dalam kopi. Zat itu bisa meningkatkan kewaspadaan kamu. Oleh karena itu, kopi jadi minuman andalan penghilang kantuk. Efek kafein umumnya akan bertahan rata-rata sekitar 4 jam. Bila kamu tidur pukul 21.00 atau 22.00, jadwal minum kopi paling telat ngopi ialah pukul 17.00.

Namun, tidak semua orang merasakan efek kafein dalam 4 jam. Ada juga beberapa orang yang merasakan efek kafein lebih lama karena tubuhnya lebih lama mencerna kafein. Artinya, orang tersebut harus menghindari kopi di sore atau malam hari, jika ingin tidur lebih awal.

Seperti dilansir Huffington Post, Dr Irshaad Ebrahim dari London Sleep Centre di Herley Street menjelaskan otak memproduksi senyawa adenosin yang memperlambat aktivitas saraf dan membuat kamu jadi mengantuk. Senyawa itu akan diproduksi menjelang sore supaya tubuh bisa beristirahat dengan baik.

Sayangnya, kerja adenosin bisa terganggu dengan secangkir kopi. Kafein pada kopi mampu mengikat reseptor adenosin, sehingga otak tidak mendeteksi adenosin. Akibatnya, otak malah memberikan sinyal untuk terus beraktivitas.

Respons tersebut membuat detak jantung meningkat, hormon adrenalin bertambah banyak, dan pernapasan menjadi lebih cepat. Dengan kondisi seperti itu, kamu bukannya jadi ingin tidur, melainkan malah terjaga semalaman.

Jika kamu termasuk yang sering mengalami insomnia dan mendapati waktu minum kopi yang terlalu malam, sebaiknya segera ubah kebiasaan itu. Ebrahim menyarankan untuk tidak minum kopi setelah pukul 14.00.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan