Biar Tidak Rewel, Simak 5 Tips Ajak Anak Nonton Bioskop Agar Si Kecil tidak rewel saat menonton bioskop. (Foto: Green Tree Public Library)

SETELAH situasi pandemi kondusif, bioskop mungkin menjadi salah satu tempat pertama yang ingin kamu kunjungi. Tentunya, menonton bioskop dengan buah hati bisa menjadi pengalaman yang seru dan mengasyikkan setelah lama mengurung diri #DiRumahAja. Namun jika tanpa persiapan, kehadiran anak di bioskop bisa menganggu penonton lainnya lho.

Melalui film yang ditonton bersama, Bunda dan Ayah bisa memberikan penjelasan terkait isi cerita film, serta pelajaran yang bisa dipetik. Melansir laman Alodokter, berikut lima tips yang bisa dilakukan ketika mengajak anak nonton bioskop:

Baca juga:

Tugas Ribet itu Bernama Menjadi Orangtua

1. Perhatikan usia anak

Usia yang dianggap cocok adalah tiga sampai empat tahun. (Foto: Twin Cities Kids Club)

Pastikan usia si kecil telah cukup untuk menonton dan mengerti sebuah film. Sebenarnya tidak ada aturan tetap, tetapi, usia tiga sampai empat tahun adalah usia yang dianggap cocok untuk mulai mengajak mereka menonton bioskop.

Pada usia ini, umumnya anak-anak sudah bisa menikmati sebuah tayangan dan mengerti jalan cerita dari sebuah film. Bahkan, dia bisa bernyanyi dan bersenandung bila mendengarkan lagu dari film. Ia akan sabar menonton film selama lebih dari satu jam.

2. Pilih film yang tepat

Bunda dapat memilih film animasi bagi Si Kecil. (Foto: The Better India)

Ini menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan orang tua ketika mengajak nonton si kecil. Biasanya, setiap tahun ada banyak film animasi yang cocok ditonton si kecil. Pastikan Bunda sudah mencari tahu hal-hal terkait film yang akan ditonton bersama melalui review film di internet.

Tidak hanya itu, pastikan film tersebut tidak mengandung unsur kekerasan atau adegan dewasa. Jadi, hindarilah film-film horor atau romantis yang mungkin menarik bagi Bunda dan Ayah.

3. Sesuaikan jadwal menonton

Pilih jadwal menonton pada siang atau sore hari. (Foto: Twin Cities Kids Club)

Menentukan jadwal menonton film sangat penting bagi si kecil. Menonton film di jam terakhir pemutaran bioskop rasanya sangat tidak dianjurkan karena bisa mengganggu waktu tidur dan pertumbuhan anak.

Umumnya, waktu tidur yang ideal anak berusia dua sampai empat tahun adalah pukul 8 atau 9 malam. Oleh karena itu, pastikan Bunda memilih jadwal di siang atau sore hari agar si kecil tiba di rumah sebelum waktu tidur tiba.

Baca juga:

Hati-hati Terjebak Dalam Pola Asuh Hyper-Parenting

4. Pilih tempat duduk yang strategis

Jangan terlalu dekat dengan speaker. (Foto: Brisbane Kids)

Pemilihan tempat duduk juga sangat penting bagi penglihatan si kecil. Pilihlah tempat duduk yang berada jauh dari layar. Selain itu, karena menonton film di bioskop menghabiskan waktu lebih dari satu jam, si kecil mungkin saja harus ke kamar mandi untuk pup. Bunda juga bisa memilih tempat duduk yang dekat dengan pintu keluar agar memudahkan jika ingin ke kamar mandi.

Tidak disarankan untuk memilih tempat duduk di dekat pengeras suara. Suara di bioskop cenderung kencang yang justru bisa mengganggu kesehatan indera pendengaran anak.

5. Ikuti kemauan si kecil

Berikan yang terbaik untuk anak. (Foto: The Balance Everyday)

Bila buah hati Bunda tidak nyaman berlama-lama di dalam bioskop dan meminta pulang, turutilah kemauannya. Jangan berpikir harus menonton film sampai selesai karena merasa rugi telah membayar tiket. Jangan sampai si kecil malah trauma gara-gara bunda ajak nonton bioskop. (and)

Baca juga:

Orangtua Butuh 'We Time', Ini Alasannya


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH