Biar Tidak Kalap, Simak 5 Tips Belanja di Steam Summer Sale 2020 Berlangsung hingga 9 Juli 2020. (Foto: MobileSyrup)

VALVE kembali mengadakan acara tahunan yang paling ditunggu-tunggu, yakni Steam Summer Sale 2020. Acara ini menjadi kabar gembira bagi para penggemar gim karena Steam akan mengadakan diskon besar-besaran sampai 85 persen. Kesempatan ini bisa kamu gunakan mulai dari 26 Juni hingga 10 Juli 2020 mendatang.

Steam Summer Sale 2020 bertepatan dengan tanggal gajian. Biar enggak kalap, simak lima tips belanja gim seperti dilansir dari laman Spirites Dice.

Baca juga:

NetEase Rilis Game 'Code: T.', Mirip dengan Cyberpunk 2077

1. Tentukan budgetmu

Batasi dirimu dengan menggunakan budget. (Foto: TechPlanet 360)

Ini adalah langkah pertama sekaligus kunci untuk memastikan apakah kamu mengeluarkan uang lebih banyak atau tidak. Kamu harus memberi batasan terhadap ego karena begitu banyak godaan potongan harga di setiap permainan. Terkadang, kita hanya 'lapar mata' saja karena melihat harga yang begitu murah dibandingkan aslinya.

Kamu juga bisa menggunakan budget yang tersisa di Steam Wallet, bukan menggunakan kartu kredit. Ini akan meminimalisasi biaya dan membuatmu tidak kalap. Ingat, gim hanya sebatas hiburan saja.

2. Buat daftar sebelum membeli

Buat daftar agar memudahkanmu membeli gim. (Foto: Akupara Games)

Salah satu alasan penjualan gim di Steam begitu berbahaya adalah banyak pilihan. Masukan gim Personal Computer (PC) yang kamu inginkan terlebih dahulu ke Wishlist. Kemudian, pilihlah mana yang benar-benar diinginkan.

Kamu bisa urutkan dalam daftar paling atas yang paling kamu inginkan. Trik ini sangat membantumu dalam memilih gim mana yang kamu prioritaskan dibandingkan membeli gim begitu saja tanpa daftar.

3. Jangan membeli di hari pertama

Jangan terlalu terburu-buru. (Foto: DSOGaming)

Tips ini masih berhubungan dengan nomor dua. Jika kamu belum memiliki daftar gim, sebaiknya gunakan hari pertama untuk membuat daftar tersebut. Apapun yang menurutmu menarik, tambahkan ke daftar itu, sehingga semuanya berada di satu tempat.

Penjualan Steam Summer Sale 2020 masih berlangsung hingga 9 Juli 2020. Masih ada beberapa hari untuk berpikir dan memutuskan gim mana yang ingin kamu beli. Selama durasi tersebut, coba bertanya ke teman yang sudah pernah memainkan gim atau melihat gameplay di YouTube.

Baca juga:

Demi Hasil Maksimal, Rilis Gim Cyberpunk 2077 Diundur

4. Manfaatkan SteamDB

SteamDB membantumu menganalisa. (Foto: SteamDB)

SteamDB alias Steam Database merupakan situs pihak ketiga yang memberikan informasi dari gim-gim Steam, termasuk grafik potongan harga yanng pernah terjadi. Lihat potongan mana paling besar dan membantu mencari gim yang bahkan kamu tidak tahu.

5. Beli gim yang memiliki bundle

Bundle membuatmu jauh lebih hemat. (Foto: Reddit)

Selain 4-pack, paket lain yang menggiurkan adalah bundle. Beberapa pengembang akan memberikan penawaran dalam satu paket hemat. Ini membuatmu lebih hemat dibandingkan membeli satuan. Misalnya saja Saint Row Ultimate Franches Pack memiliki harga satuan Rp626.906, sedangkan bundle hanya Rp83,999. Lalu ada Outlast yang memiliki harga satuan Rp61,907 sedangkan bundle hanya Rp48,877. (and)

Baca juga:

Meredam Kekecewaan, Pengembang Siapkan Fungko Pop Khusus Cyberpunk 2077


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH