Biar Lebih Nendang, Asuplah Kopi di Waktu Ini ilustrasi. (foto: pexels)

UMUMNYA orang menyeruput kopi di pagi hari. Ada juga yang selalu ngopi di sore hari. Tahukah Anda, ternyata waktu efektif minum kopi amat ditentukan hormon kortisol dalam tubuh lo.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa waktu efektif minum kopi bukanlah di pagi hari. Bagi Anda penganut aliran minum kopi pagi, fakta itu pastinya akan mengubah jam ngopi Anda.

Minum kopi di waktu yang tepat amatlah penting. Tujuannya, agar Anda merasakan manfaat maksimal kopi. Jika Anda minum kopi di waktu yang salah, manfaat kopi tidak akan Anda dapatkan.

Lalu kapan waktu yang tepat?

Ternyata waktu yang paling tepat untuk minum kopi amatlah ditentukan dari produksi hormon kortisol dalam tubuh.

Hormon kortisol berperan pada penggunaan gula atau glukosa dan lemak dalam metabolisme tubuh untuk menyediakan energi. Selain itu, hormon kortisol berfungsi mengendalikan stres yang dapat dipengaruhi kondisi infeksi, cedera, aktivitas berat, serta stres fisik dan emosional.

Seperti minum obat, kopi menjadi penawar ketika jumlah kortisol menurun. Penurunan kortisol membuat metabolisme tubuh jadi melambat. Otomatis Anda pun merasa lemas.

Pada kondisi normal, kadar hormon kortisol tertinggi mencapai puncak pada pukul 08.00 sampai 09.00 dan akan semakin menurun setelahnya. Saat hormon kortisol Anda menurun, itulah saat terbaik mengasup kafein yang ada di dalam kopi.

Kafein memang tidak meningkatkan produksi hormon kortisol. Namun, kafein dapat menggantikan peran hormon itu. Kopi membuat Anda bersemangat akibat efek kafein kepada otak. Tidak hanya sebagai stimulan, kafein juga dapat menghambat reseptor adenosin. Dampaknya dapat membuat Anda lebih berenergi serta merasa lebih bersemangat.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Steven Miller dari Universitas Health Sciences di Bethesda, produksi hormon kortisol akan mengalami siklus, yakni saat produksi hormon kortisol mencapai puncak tertinggi pukkul 08.00-09.00, pukul 12.00-13.00, dan pukul 17.30-18.30.

Setiap orang memang memiliki siklus yang berbeda-beda, tapi rata-rata orang akan mengalami produksi hormon kortisol tertinggi di jam-jam itu.

Jadi waktu yang paling tepat untuk Anda minum kopi ialah saat produksi hormon kortisol Anda mulai menurun, tepatnya pada jam yang kita kenal dengan istilah coffee break, yaitu pada pukul 09.30-11.30 dan pukul 13.30 hingga pukul 17.00.

Sudah tahu kan saat terbaik menikmati kopi. Saatnya Anda ubah jadwal ngopi Anda biar kafein yang Anda asup lebih nendang.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH