Biar Kuku Tetap Sehat, Ikuti Aturan ini saat Pakai Nail Gel Ilustrasi. (foto: pixabay)

JIKA dibandingkan dengan kuteks biasa, nail gel memang lebih tahan lama dan punya warna lebih cerah. Oleh karena itu, tidak sedikit yang memilih nail gel untuk mempercantik kuku.

Namun, di balik kelebihan nail gel, ada juga bahaya yang tersimpan. Salah satunya efek samping aseton dan bahan kimia dalam nail gel yang bisa membuat kuku jadi tipis dan rapuh.

Seperti dikutip dari Hellosehat, dr Adigun, dokter spesialis kulit dan asisten profesor dermatologi di salah satu universitas kedokteran di New York, mengatakan melakukan gel manicure sesekali tidak langsung membahayakan kesehatan kuku. Namun, bukan berarti Anda lantas tidak peduli dengan risiko kesehatannya.

Jika Anda ingin tetap menghias kuku dengan nail gels warna-warni, jangan lupa untuk merawat kuku Anda, ya.

Berikut tips yang diberikan oleh dr Adigun.

1. Biarkan kuku tumbuh kembali


Sebaiknya ‘liburkan’ kuku dari kutek apapun selama lebih dari dua minggu supaya mengurangi kerusakan kuku akibat bahan kimia atau trauma fisik.

2. Apabila melakukan gel manicure, oleskan dulu tabir surya pada tangan atau kaki untuk mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

3. Pastikan alat yang digunakan steril dan beri tahu teknisi manikur Anda untuk tidak mendorong atau memotong kutikula, karena hal itu dapat menyebabkan kuku rentan terinfeksi dan meradang.

4. Gunakan juga pelembab pada kuku, seperti petroleum jelly, untuk mengurangi kerusakan pada kuku.
Untuk mengurangi iritasi kulit, rendam hanya bagian kuku pada aseton saat menghapus kutek gel. Jangan pernah melepas kutek gel dengan mengorek secara paksa. Segera buat janji dengan manicurist untuk membersihkan kuku dari kutek gel.

5. Apabila Anda merasa ada perubahan yang tidak biasa pada kuku Anda, sebaiknya segera periksakan ke dokter kulit.
Sebaiknya gunakan kutek kuku biasa daripada kutek gel terutama apabila Anda mengalami masalah kuku berulang.

Dengan mengikuti saran tersebut, kuku Anda pun terlindung dari efek negatif nail gel. (dwi)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH