Gaming

Pantang Kalap di Steam Summer Sale 2021

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 26 Juni 2021
Pantang Kalap di Steam Summer Sale 2021
Berlangsung hingga 8 Juli 2021. (Foto: PC Gamer)

VALVE kembali mengadakan acara tahunan yang paling ditunggu-tunggu, yakni Steam Summer Sale 2021. Acara ini menjadi kabar gembira bagi para penggemar gim karena Steam akan mengadakan diskon besar-besaran sampai 90 persen. Kesempatan ini bisa kamu gunakan mulai dari 24 Juni hingga 8 Juli 2021 mendatang.

Steam Summer Sale 2021 selalu rilis saat tanggal gajian dan akhir bulan. Biar enggak kalap, simak lima tips belanja gim seperti dilansir dari laman Spirites Dice.

Baca juga:

Steam Awards 2020 Meluncur, Segera Pilih Game Favoritemu

  • 1. Tentukan bujetmu

Biar Enggak Kalap Steam Summer Sale 2021
Caption


Penawaran yang diberikan Valve bisa dibilang 'gila' dan sulit membuat gamers menahan diri. Langkah pertama sebelum membeli games di Summer Sale 2021 adalah tentukan berapa budget-mu. Kamu harus memberi batasan terhadap ego karena begitu banyak godaan potongan harga di setiap permainan. Terkadang, kita hanya ‘lapar mata’ saja karena melihat harga yang begitu murah dibandingkan aslinya.

Atau mungkin, kamu bisa menggunakan budget yang tersisa di Steam Wallet, tanpa harus membelinya lagi dengan menggunakan kartu kredit. Ini akan meminimalisasi biaya dan membuatmu tidak kalap. Ingat, gim hanya sebatas hiburan saja.

2. Buat daftar gim yang ingin dibeli

Biar Enggak Kalap Steam Summer Sale 2021
Buat daftar agar memudahkanmu membeli gim. (Foto: Akupara Games)


Salah satu alasan penjualan gim di Steam begitu berbahaya adalah banyak pilihan. Masukan gim Personal Computer (PC) yang kamu inginkan terlebih dahulu ke Wishlist. Kemudian, pilihlah mana yang benar-benar diinginkan. Kamu bisa urutkan dalam daftar paling atas yang paling kamu inginkan. Trik ini sangat membantumu dalam memilih gim mana yang kamu prioritaskan dibandingkan membeli gim begitu saja tanpa daftar. Kamu juga patut mempertimbangkan apakah punya banyak waktu luang untuk memainkannya.

3. Jangan membeli di hari pertama

Biar Enggak Kalap Steam Summer Sale 2021
Jangan terlalu terburu-buru. (Foto: Tom's Guide)


Tips ini masih berhubungan dengan nomor dua. Jika kamu belum memiliki daftar gim, sebaiknya gunakan hari pertama untuk membuat daftar tersebut. Apapun yang menurutmu menarik, tambahkan ke daftar itu sehingga semuanya berada di satu tempat. Penjualan Steam Summer Sale 2021 masih berlangsung hingga 8 Juli 2021. Masih ada beberapa hari untuk berpikir dan memutuskan gim mana yang ingin kamu beli. Selama durasi tersebut, kamu mungkin bisa bertanya ke teman yang sudah pernah memainkan gim atau melihat gameplay di YouTube.

Baca juga:

5 Game Di Bawah Rp100 Ribu yang Wajib Dicoba di Steam Summer Sale

4. Manfaatkan SteamDB

Biar Enggak Kalap Steam Summer Sale 2021
SteamDB membantumu menganalisa. (Foto: SteamDB)


SteamDB alias Steam Database merupakan situs pihak ketiga yang memberikan informasi dari gim-gim Steam, termasuk grafik potongan harga yanng pernah terjadi. Kamu bisa melihat potongan mana yang paling besar dan membantu mencari gim yang bahkan kamu tidak tahu.

5. Beli gim yang memiliki bundle

Biar Enggak Kalap Steam Summer Sale 2021
Bundle membuatmu jauh lebih hemat. (Foto: Reddit)


Selain 4-pack, paket lain yang menggiurkan adalah bundle. Beberapa pnegembang akan memberikan penawaran dalam satu paket hemat dan kamu bisa lebih hemat dibandingkan membeli satuan. Misalnya saja Saint Row Ultimate Franches Pack memiliki harga satuan Rp 626.906, sedangkan bundle hanya Rp 83,999. Selain itu seperti Outlast memiliki harga satuan Rp 61,907 sedangkan bundle hanya Rp 48,877. (and)

Baca juga:

Steam Gelar Summer Game Festival, Menyediakan 900 Demo Game Gratis

#Gaming #Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan