Biar Adil, Puan Bagi-Bagi Jatah Alat Kelengkapan Dewan ke Tiap Fraksi Ketua DPR RI periode 2019-2024, Puan Maharani. (ANTARA FOTO/Istimewa)

Merahputih.com - Ketua DPR Puan Maharani menegaskan penentuan pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) akan dibagi untuk setiap fraksi. Puan memastikan posisi pimpinan AKD akan dibagi secara proporsional.

"Sesuai UU MD3 kan memang semua itu akan proporsional sesuai dengan perolehan kursi atau suara saat pemilu. Namun, saya berharap bahwa semua proses ini tetap aja akan kita lakukan secara musyawarah mufakat," ujar Puan kepada wartawan di Gedung DPR, Senin (7/10).

Baca Juga:

Jadi Ketua DPR, Ini Pidato Pertama Puan Maharani

Saat ditanya apakah fraksi-fraksi di luar lima besar partai pemenang pemilu akan mendapatkan kursi pimpinan AKD, Puan kembali menegaskan jika semua partai akan mendapatkan porsinya masing-masing.

"Pimpinan itu kan terdiri dari ketua dan wakil ketua sesuai dengan proporsionalitas yang ada, sesuai dengan undang-undangnya," jelas Puan.

Puan maharani ketua DPR
Ketua DPR Puan Maharani (merah) (Foto: ANTARA/Istimewa)

"Semuanya tentu saja akan mendapatkan porsinya masing masing sesuai perolehan suaranya," ucap Puan.

Politikus PDIP itu ingin rekan-rekannya di parlemen bisa saling menghormati dan menghargai.

Baca Juga:

Jabat Ketua DPR, Total Kekayaan Puan Tembus Sepertiga Triliun Rupiah

"Karena apapun itu menjadi luka sejarah, bahwa proses demokrasi yang sudah kita lakukan melalui proses pemilu kemudian menjadi berantakan, karena kemudian kita tidak saling menghargai dan menghormati. Karenanya ke depan ini kita harus saling menghormati dan menghargai," ujarnya. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH