Bia, Karakter Transgender Pertama dari DC Comics

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 24 Oktober 2021
Bia, Karakter Transgender Pertama dari DC Comics
DC Comics akhirnya menciptakan karakter transgender pertamanya. (Foto: DC Comics)

MARI sambut karakter baru dari dunia DC Comics. Namun, bukan sembarang karakter. Keberadaannya jadi momentum penting karena akhirnya DC membuat terobosan baru dengan menciptakan Amazonian transgender pertama di universe mereka.

Mengutip laman Screen Rant, karakter yang diberi nama Bia itu muncul di komik Nubia & The Amazons #1. Ia digambarkan sebagai ratu Amazon oleh Stephanie Williams, Vita Ayala, Alitha Martinez, Mark Morales, Emilio Lopez, dan Becca Carey. Ceritanya dimulai dari kilas balik saat Nubia datang ke Themiscyra.

Baca juga:

'Batman Who Laughs' Lanjutkan Kolaborasi 'Fortnite' dan DC Comics

Bia, Karakter Transgender Pertama dari DC Comics
Momen ketika Bia merasa sangat bahagia karena menjadi perempuan adalah sesuatu yang selama ini sudah diinginkannya. (Foto: DC Comics)

Pembaca diperkenalkan pada Well of Souls mistik milik bangsa Amazon. Sumur itu merupakan sebuah portal bagi perempuan yang sudah meninggal akibat teror dari dunia manusia untuk dilahirkan kembali. Mereka akan mendapat kehidupan baru dan menjadi perempuan abadi layaknya Wonder Woman.

Dalam komiknya, diceritakan ada lima saudari baru lahir dari sumur itu tanpa mengetahui identitas mereka. Mulai dari siapa diri mereka, keberadaan mereka, serta apa yang terjadi selanjutnya. Namun bagi satu perempuan, kelahiran kembali ini adalah sesuatu yang telah dinanti-nantikannya.

Setelah setiap perempuan disambut dan dites untuk menentukan peran mereka di Amazon, semua penduduk berkumpul di Royal Palace untuk menyaksikan saudari mereka memilih nama.

Salah satu adegan paling emosional datang ketika Bia berdiri dengan air mata menetes. Ia tak dapat menjelaskan dengan kata-kata apa yang dirasakannya karena begitu bahagia. Sebab menjadi perempuan adalah sesuatu yang sudah lama diinginkannya.

Baca juga:

Patty Jenkins: 'Wonder Woman 3' Sedang Dipersiapkan

Bia, Karakter Transgender Pertama dari DC Comics
Penulis mengonfirmasi bahwa Bia adalah perempuan transgender berkulit hitam pertama yang dimiliki bangsa Amazon. (Foto: Twitter/@definitelyvita)

Setelah melihat dialog tersebut, banyak warganet mengira bahwa kalimat ini merujuk pada golongan LGBTQ. Ternyata memang benar adanya. Melalui Twitter Stephanie Williams dan Vita Ayala selaku penulis Nubia & The Amazons, mengonfirmasi bahwa Bia memang seorang Amazonian trans berkulit hitam.

Wiliiam mengatakan bahwa Bia akan menjadi karakter yang sepenuhnya matang dan menyakinkan bahwa Bia benar-benar akan jadi karakter yang diperhitungkan. Bukan hanya sekadar untuk memastikan keberadaan karakter transgender dalam komik DC.

"Bukan kotak untuk dicentang.. (Bia) penting bagi komunitasnya. Sama seperti perempuan trans kulit hitam penting bagi kami dalam kehidupan nyata," kata Williams. Sedangkan Ayala menjelaskan bahwa hal ini belum terungkap sebelumnya karena mereka memang ingin memperkenalkan Bia dan kisahnya secara organik.

Terbukti kehadiran Bia memang membawa warna baru dalam komik DC. Apalagi ia digambarkan berasal dari Well of Souls yang merupakan hasil dari tindakan kekerasan dunia manusia. Mirip dengan apa yang benar-benar terjadi di dunia nyata.

Melihat peningkatan kekerasan terhadap komunitas transgender, pembaca diajak untuk merasakan kisah Bia dan teman seperjuangannya di dunia asli. Lebih lanjut, penggambaran ini juga membuat DC Comics semakin inklusif.

Komik Nubia & The Amazons #1 dari DC membuktikan, bahwa semua perempuan diterima dan memiliki hak yang sama di Themiscyra. Harapannya, semoga hal ini juga dapat terjadi di luar buku komik alias kehidupan nyata. (sam)

Baca juga:

Tampilan Perdana Karakter Villain di Trailer 'Shazam 2: Fury of the Goods'

#DC Comics #Komik #LGBT #TransGender
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan