BI Siapkan Uang Emisi 2016 Jelang Lebaran

Yohannes AbimanyuYohannes Abimanyu - Selasa, 06 Juni 2017
BI Siapkan Uang Emisi 2016 Jelang Lebaran
Warga menunjukkan uang pecahan yang ditukarkan dari mobil kas keliling Bank Indonesia di Lapangan IRTI, Monas, Jakarta, Senin (5/6). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) menyiapkan uang emisi 2016 jelang Lebaran untuk memenuhi permintaan masyarakat di daerah tersebut.

"Harus diakui, setiap menjelang hari raya keagamaan permintaan uang tunai cukup tinggi, apalagi ada uang emisi 2016, yang permintaannya terus meningkat," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Soekowardojo di Manado, Selasa (6/6).

Dia mengatakan untuk menyebarkan uang tunai baru, BI memiliki berbagai program, diantaranya program kas titipan di seluruh di Indonesia. Selain itu, BI juga memiliki program untuk menjangkau daerah perbatasan.

Soekowardojo mengungkapkan kenaikan jumlah uang tunai yang disiapkan selama Lebaran tahun ini salah satunya disebabkan oleh tingginya permintaan terhadap uang tunai emisi 2016.

Kenaikan uang tunai pada periode lebaran juga diakibatkan oleh periode libur yang lebih panjang dibandingkan tahun sebelumnya dan berdekatan dengan liburan sekolah.

Tambahan uang tunai antara lain juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembayaran gaji dan tunjangan hari raya (THR) pegawai negeri sipil (PNS) dan swasta.

Selain menambah jumlah uang tunai yang beredar, BI pun rencananya juga akan menambah titik dan frekuensi penukaran uang tunai, baik oleh Bank Indonesia (BI) sendiri maupun kerja sama dengan perbankan.

Sejak awal tahun uang emisi 2016 yang beredar di Sulut sebanyak Rp282 miliar dengan pecahan paling banyak yakni Rp50 ribu kemudian pecahan Rp100 ribu dan Rp20 ribu.

Sumber: ANTARA

#Bank Indonesia #Lebaran 2017 #Penukaran Uang
Bagikan
Ditulis Oleh

Yohannes Abimanyu

Wonderful Indonesia, Pesona Indonesia dan pesona gw adalah satu
Bagikan