BI Resmi Terapkan E-Toll pada 31 Oktober

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 23 Oktober 2017
BI Resmi Terapkan E-Toll pada 31 Oktober
Peresmian Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dan Medan-Binjai, di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (13/10). (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

MerahPutih.com - Bank Indonesia bersama Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pemperkuat kooordinasi menuju implementasi 100 persen pembayaran nontunai di jalan tol atau e-toll.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng mengatakan penerapan pembayaran secara nontunai akan resmi dilakukan pada akhir bulan Oktober ini di seluruh jalan tol.

"Penerapan pembayaran secara nontunai menggunakan elektronik di seluruh ruas tol Indonesia pada 31 Oktober 2017," kata Sugeng di Foodcourt BI, Menara Radius Prawiro, Jakarta Selatan, Senin (23/10).

Sugeng menuturkan, persiapan penerapan transaksi nontunai di jalan tol dilakukan sejak Mei 2017. Persiapan penerapan pada bulan Mei lalu semakin memperlihatkan hasil, tercermin dari peningkatan penetrasi nontunai di ruas jalan tol.

Munuju penerapan implementasi 100 persen elektronifikasi jalan tol, kata Sugeng, pihaknya terus melakukan koordinasi untuk memastikan kesiapan aspek teknis.

"Langkah-langkah yang kita lakukan antara lain melalui percepatan pemasangan SAM Multiapplet, menjaga kewajaran harga kerja sama integrasi uang elektronik, implementasikan SOP pemrosesan transaksi antara badan usaha jalan tol dan perbankan, serta penerapan monitoring tools," ungkapnya.

Untuk itu, ia berharap kepada masyarakat untuk bisa menikmat kebijakan baru yang dibuat oleh pemerintah.

"Pada 31 Oktober 2017 dan selanjutnya diharapkan pengguna jalan tol sudah terbiasa dan dapat menikmati kemudahan dan kenyamanan menggunakan uang elektronik pada pembayaran tol," pungkasnya. (Asp)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Akhir Oktober Seluruh Pengguna Jalan Tol Wajib Pakai E-Toll

#Kartu E-Toll #Bank Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan