Bestari: Tugas Pansus Wagub DKI Sudah Rampung Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) pemilihan Wagub DKI Jakarta, Bestari Barus. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Wakil Pansus Pemilihan Wagub DKI Jakarta, Bestari Barus menyebut banyak yang gagal paham tentang mekanisme pemilihan Wail Gubernur DKI Jakarta. Hal itu diungkapkannya menanggapi sindiran yang menyebut Pansus Wagub DKI kinerja maju-mundur.

Ia menuturkan, sejatinya kerja anggota Pansus pemilihan Wagub DKI sudah kelar. Sebab amanat yang diberikan DPRD hanya sampai penyusunan draf tata tertib (tatib).

Baca Juga: Syaikhu Sebut Pansus Cawagub DKI Lamban, Bestari: Kayak Gitu Pengen Pimpin Jakarta

Mengingat saat kini proses pemilihan pendamping Anies sudah dalam tahap Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) untuk pengesahan tatib. Walau pun tiga kali pelaksanaannya tersebut gagal digelar.

Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus. (MP/Asropih)
Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus. (MP/Asropih)

"Pemilihan wagub itu bukan ranah kerja pansus. Pansus itu tugasnya hanya menyusun tata tertib (tatib) saja," kata Bestari di Jakarta Kamis (15/8).

Selanjutnya, kata dia, hanya tinggal menunggu agenda Rapimgab untuk penyelarasan dan persetujuan DPRD untuk pengesahan Tatib.

Kemudian, anggota Dewan Parlemen Kebon Sirih akan membentuk panitia pemilihan (panlih) untuk teknis penyelesaian Wagub DKI. "Baru kemudian, DPRD membentuk panitia pemilihan (panlih)," jelas Bestari.

Panlih ini, tegas Bestari, bakal bekerja sampai terpilihnya jabatan nomor dua di pemerintahan DKI. Jadi, proses pemilihan bukan lagi tanggung jawab pansus.

Baca Juga: Pembentukan Pansus Cawagub DKI Jakarta Baru Terwujud Usai Pemilu 2019

"Semoga penjelasan ini dapat dimengerti dan dipahami dan semua pihak dapat pula membedakan apa itu pansus dan apa itu panlih," tutup Bestari.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyindir kinerja Pansus pemilihan Wagub DKI yang hingga kini belum juga rampung menyelesaikan DKI 2. Padahal dirinya sudah menjomblo lebih dari satu tahun.

"Kursinya aja belum ada di depan itu," sindir Anies ketika ditanya Wagub DKI Jakarta oleh awak media usai menghadiri rapat paripurna Umum Perubahan APBD (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD DKI Jakarta Tahun Anggaran 2019, di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (14/8).

Anies juga berkelakar di hadapan awak media sesaat akan diwawancarai mengenai rapat paripurna tersebut. Wartawan televisi yang menunggunya meminta Anies lebih maju dari posisinya berdiri.

"Kaya pansus aja maju mundur," canda Anies sambil menyindir Pansus yang maju mundur menjalankan pemilihan Wagub DKI. (Asp)

Baca Juga: PKS: Fraksi DPRD DKI Tidak Ada Kemauan Bentuk Pansus Cawagub

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH