Besok Ratu Elizabeth II Jadi Penguasa Inggris Terlama

Ana AmaliaAna Amalia - Selasa, 08 September 2015
Besok Ratu Elizabeth II Jadi Penguasa Inggris Terlama
ANTARA FOTO/REUTERS/Russell Cheyne/djo/15

MerahPutih Internasional - Besok, tepatnya 9 September 2015 Ratu Inggris Elizabeth II memecahkan rekor sebagai penguasa Britania terlama sepanjang sejarah mengalahkan rekor pendahulunya Ratu Victoria.

Ratu Victoria menjabat sebagai penguasa Britania Raya sejak 28 Juni 1838 – 22 Januari 1901 atau sekitar 63 tahun dan 216 hari. Sedangkan pada 9 September 2015 mendatang Elizabeth II telah berkuasa selama 64 tahun di Inggris.

Sebelumnya tidak ada yang menyangka jika Elizabeth II bakal jadi ratu, sebab sang ayah, Raja George VI bukan putera mahkota, melainkan pamannya lah Pangeran Edward yang seharusnya naik tahta.

Tapi Edward memutuskan untuk melepaskan tahtanya sebagai Raja Inggris karena memilih untuk menikah dengan Wallis Simpson, seorang sosialita yang berstatus janda. Tindakan Edward ini memicu krisis konstitusional di lingkungan kerajaan.

Akhirnya George pun naik tahta, Raja George meninggal dunia pada 6 Februari 1952 kemudian tahtanya turun pada sang anak perempuannya Elizabeth II.

Seperti yang dikutip dari Wikipedia, berbagai peristiwa bersejarah juga terjadi selama masa pemerintahan Ratu Elizabeth II, diantaranya peristiwa the Troubles di Irlandia Utara, Perang Falklands, dan Perang Afganistan.

Ada juga saat-saat duka yang dilaluinya, termasuk kematian ayahandanya pada usia 56 tahun, pembunuhan paman Pangeran Philip, kehancuran rumah tangga putra-putrinya pada tahun 1992, kematian menantunya, Diana, Putri Wales pada tahun 1997, serta kematian ibu dan adiknya pada tahun 2002.

Ratu Elizabeth II dan keluarga kerajaannya seringkali menerima berbagai kritikan dan kecaman dari media massa dan tokoh-tokoh pro-republik, namun popularitas pribadi dan dukungan yang mengalir untuk kerajaan tetap tinggi.

BACA JUGA:

Kamp Imigran di Jerman Terbakar

Fakta Penemuan Aylan Kurdi, Bayi yang Ditemukan di Tepi Pantai

Kisah Haru Polisi Penemu Jasad Bayi Suriah

Paus Fransiskus: Setiap Komunitas Katolik Eropa Tampung 1 Keluarga Imigran

#Ratu Elizabeth
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan