Besok, Pemprov DKI Salurkan Bansos Non Tunai Berupa Beras

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 28 Juli 2021
Besok, Pemprov DKI Salurkan Bansos Non Tunai Berupa Beras
Bantuan sosial. Foto: Merahputih.com / Rizki Fitrianto

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Sosial (Dinsos) kembali mendistribusikan Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) dalam bentuk beras. Bantuan beras Pemprov DKI kali ini diberikan kepada 1.007.379 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Namun dari jumlah tersebut, sebanyak 99.743 KK belum dapat diberikan bantuannya karena diketahui adanya potensi duplikasi dengan penerima bansos non tunai berupa beras dari Kementerian Sosial RI.

Baca Juga

Menteri Risma Percepat Penyaluran Bansos Tunai dan Beras

Pembagian beras akan dilakukan Dinas Sosial DKI pada 29 Juli hingga 17 Agustus 2021.

"Saat ini terhadap data tersebut sedang dilakukan pemadanan oleh Kementerian Sosial. Masing-masing KK akan menerima 10 (sepuluh) kilogram beras jenis premium," kata Kepala Dinsos DKI Jakarta, Premi Lasari di Jakarta, Rabu (28/7).

Penyaluran beras dilakukan oleh Perumda Pasar Jaya dan PT Food Station Tjipinang Jaya sampai tingkat RT dan RW, yang selanjutnya disalurkan sampai kepada KPM oleh perangkat RT dan RW.

"Kami sudah mempunyai data by name by address (BNBA) KPM BSNT, yang hari ini (28/7) disampaikan kepada penyedia, yaitu Pasar Jaya dan Food Station untuk disalurkan pada titik lokasi RW," lanjutnya.

Paket Bansos Beras dari Pemprov DKI Jakarta
Paket Bansos Beras dari Pemprov DKI Jakarta

Sambungnya, RW kembali melakukan pengecekan jumlah dan kondisi paket, lalu menandatangani Berita Acara Pemeriksaan dan Serah Terima (BAPST), dan disalurkan kepada KPM sesuai BNBA.

Sebelum hari penyaluran, perangkat RT dan RW juga telah diinfokan daftar nama penerima bantuan beras. Untuk itu perangkat RT dan RW diharapkan dapat menghubungi KPM yang pindah alamat untuk datang mengambil beras sesuai jadwal dan menandatangani tanda terima telah menerima beras.

Apabila KPM susah dihubungi, maka perangkat RT dan RW dapat mengembalikan beras kepada Perumda Pasar Jaya/ PT Food Station Tjipinang Jaya.

BSNT disalurkan kepada masyarakat yang berada di 5 Kota Administrasi Jakarta dan Kepulauan Seribu sebanyak 907.616 KK, dengan rincian Jakarta Pusat sebanyak 50.526 KK, Jakarta Utara sebanyak 181.367 KK, Jakarta Barat 73.948 KK , Jakarta Selatan sebanyak 142.029 PKM, Jakarta Timur sebanyak 457.250 KK, dan Kepulauan Seribu sebanyak 2.496 KK. (Asp)

Baca Juga

Mensos Siapkan Antisipasi agar Dana Bansos COVID-19 Tak Diselewengkan

#Bantuan Sosial #Pemprov DKI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan