Besok, Komnas HAM Akan Temui Warga Desa Wadas dan Ganjar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 10 Februari 2022
Besok, Komnas HAM Akan Temui Warga Desa Wadas dan Ganjar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemui sejumlah warga Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Rabu (9/2/2022). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng

MerahPutih.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan terjun ke Jawa Tengah, untuk menggali informasi terkait insiden Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah, Jumat (11/2).

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengatakan, pihaknya akan bertemu dengan berbagai pihak mulai dari korban aksi kekerasan hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Rencananya, besok kami bergerak ke Jawa Tengah, menggali dan mengumpulkan fakta peristiwa dengan pihak terkait termasuk ketemu warga Wadas,” kata Beka kepada wartawan, Kamis (10/2).

Baca Juga:

PKS Minta Menteri ESDM Tak Terbitkan IUP Andesit di Wadas

Beka belum bisa memastikan durasi waktu mereka melakukan pengumpulan fakta peristiwa di Jawa Tengah. Fakta-fakta tersebut akan menjadi bagian dari rekomendasi Komnas HAM atas peristiwa di Desa Wadas.

“Betul (Gubernur Ganjar dan aparat kepolisian juga akan ditemui Komnas HAM),” kata Beka.

Baca Juga:

Komnas HAM Desak Polisi Tarik Diri Dari Desa Wadas

Sebelumnya, Komnas HAM mengecam tindakan kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian kepada warga termasuk pendamping hukum warga Desa Wadas yang menolak desanya dijadikan lokasi penambangan.

Komnas HAM juga menyesalkan adanya penangkapan terhadap sejumlah warga oleh aparat kepolisian. (Pon)

Baca Juga:

Prihatin Kasus Wadas, PBNU Minta Pemerintah Kedepankan Cara Humanis

#Ganjar Pranowo #Komnas HAM
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan