Besok Gage Berlaku Lagi, Dishub DKI: Tidak Lagi Uji Coba Kepala Dinas Perhubungan (Kadihub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Kepala Dinas Perhubungan (Kadihub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menegaskan, pemberlakuan kembali skema ganjil genap (Gage) di 25 ruas protokol ibu kota pada Senin (3/8) besok bukan lagi uji coba, tapi dilaksanakan secara operasional penuh.

"Kita langsung lakukan operasional penuh," kata Syafrin di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (2/8).

Baca Juga

Ganjil Genap Berlaku Lagi, DKI Jakarta Optimalkan Angkutan Umum

Syafrin menjelaskan, penerapan Gage ini untuk menyasar warga yang tidak memiliki penting melakukan pergerakan dengan menggunakan kendaraan roda empat.

"Misal hari ini ganjil, mobilnya genap, berarti tidak bergerak karena pembatasan lalu lintas," paparnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadihub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo. Foto: MP/Asropih

Untuk itu, ucap dia, diberlakukan kembali sistem Gage dapat menekan pergerakan orang yang secara masif ke pusat-pusat kegiatan, karena diidentifikasi akan terjadi peningkatan setelah Gubernur Anies memutuskan perpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi.

"Karena Jakarta tidak ada lagi instrumen pembatasan yang bisa digunakan sebagai kontrol warga untuk melakukan pergerakan," tutupnya.

Seperti diketahui, Pemprov DKI memutuskan untuk kembali memberlakukan sistem ganjil genap (Gage) di 25 ruas protokol Jakarta yang dimulai Senin (3/8) besok. Kebijakan ini merupakan hasil rapat dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah pada Kamis (30/7) lalu.

Baca Juga

Komunitas Sepeda Padati Tempat Wisata Saat Libur Idul Adha

Waktu penerapan sistem tersebut dari Pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 16.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Dari hari Senin sampai Jumat.

Kebijakan Gage ini sempat tak dilaksanakan karena Jakarta terserang pandemi COVID-19. (Asp).

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH