Besok Anwar Ibrahim Bebas, 'Kado Ramadan' untuk Rakyat Malaysia Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat (PKR) Datuk Seri Anwar Ibrahim

MerahPutih.com - Ketua Umum Partai Keadilan Rakyat (PKR) Datuk Seri Anwar Ibrahim dipastikan bakal menghirup udara bebas Rabu (16/5) besok. Rencananya, Anwar disebut akan keluar dari jeruji besi hari ini, tetapi raja memutuskan pengampunan bakal ditetapkan besok pagi.

Raja Malaysia Yang Mulia Seri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agong XV Sultan Muhammad V memastikan akan memberikan pengampunan terhadap Anwar tepat di hari pertama bulan Ramadan besok.

"Yang di-Pertuan Agong berkenan supaya perkara ini dimuktamadkan (di-finalisasi) pada Rabu (16/5) menjelang Ramadhan," demikian rilis Datuk Pengelola Bangsawan Diraja Dato' Wan Ahmad Dahlan B Hj AB Aziz, yang diterima Selasa (15/5).

Hari ini, Dewan Pengampunan Malaysia bertemu pada pukul 11 pagi waktu setempat untuk membicarakan pembebasan Anwar. Pertemuan ini akan dihadiri Perdana Menteri Mahathir Muhammad, perwakilan Jaksa Agung dan tiga anggota Dewan Pengampunan lainnya.

Tun Dr. Mahathir Mohamad. Foto: Lai Seng Sin, Reuters

"Seri Paduka Baginda Yang di-Pertuan Agong XV Sultan Muhammad V telah puas dengan dengan prosedur oleh Lembaga Pengampunan Diraja untuk Datuk Seri Anwar Ibrahim yang telah ditetapkan Selasa (15/5) pada jam 11.00 pagi," tulis rilis resmi kerajaan.

Putri Anwar, Nurul Izzah, berharap ayahnya akan menerima pengampunan penuh dari Raja Malaysia. Saat ini, Anwar berada di sebuah fasilitas perawatan di Cheras karena cedera bahu yang dideritanya.

Sementara itu, mantan Menteri Luar Negeri Tan Sri Rais Yatim mengatakan pembebasan Anwar bakal membawa perubahan besar dalam skenario politik dan administrasi negara.

"Setelah Anwar dibebaskan nanti segala perhatian akan terarah kepadanya, karena rakyat menanti apakah corak dasar yang akan diperkenalkan Anwar untuk masa depan," kata dia, dilansir kantor berita Malaysia Bernama.

Menyambut pembebasan Anwar Ibrahim, Angkatan Muda Keadilan bakal menyelenggarakan acara di Padang Timur Amcorp Mall, Petaling Jaya, besok Rabu pukul 15.00 petang.

anwar mahathir
Arsip Foto. Mahathir Mohamad saat bertemu dengan pemimpin oposisi yang dipenjara Anwar Ibrahim di pengadilan tinggi di Kuala Lumpur, Senin (5/9/2016). (ANTARA/Najwan Halimi/Handout via REUTERS)

Pekan lalu, PM Mahathir mengatakan bahwa Raja telah bersedia memberikan pengampunan penuh terhadap Anwar, yang telah menjalani hukuman dengan tuduhan sodomi sejak 2015 lalu.

Pengampunan kerajaan dibutuhkan Anwar untuk bebas dari jerat larangan berpolitik selama lima tahun karena pernah dihukum di Negeri Jiran. Pakatan Harapan pun setuju Anwar nantinya akan mengambil alih jabatan Mahathir sebagai perdana menteri. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH